Ilustrasi public speaking, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Kemampuan public speaking sangat penting digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Baik itu dalam lingkup sekolah, perkuliahan, kantor, hingga masyarakat.

Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, anda akan disegani dan memberikan aura positif kepada orang-orang di sekitar anda. Tentu saja hal ini akan memberikan dorongan kepada orang lain untuk meningkatkan kemampuannya juga.

Berikut ini 4 cara meningkatkan kemampuan public speaking dengan mudah:

1. Berbicara pada Dinding

Cara unik untuk meningkatkan kemampuan public speaking yang pertama adalah dengan berlatih berbicara di depan tembok.

Kutipan dari laman Insider: Beberapa orang mungkin sangat takut dengan cara audiens melihat Anda atau cara mereka mengekspresikan diri saat Anda berbicara.

Sebaliknya, saat Anda berbicara ke dinding, Anda bebas mengubah tingkat energi, volume, dan ekspresi wajah sesuai keinginan.

Latihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anda tanpa takut melakukan kesalahan, mengingat tembok tidak akan membiarkan anda berbicara atau membuat anda meringis karena kesalahan.

2. Merekam Hasil Latihan

Anda dapat mengevaluasi sendiri kemampuan berbicara Anda dengan mencatat diri Anda sendiri sebelum orang lain mengevaluasi Anda.

Menggunakan kamera ponsel Anda nyaman untuk merekam.
Anda kemudian dapat melihat catatan Anda dan menilai bagian mana yang salah dan perlu diperbaiki.
Anda mungkin melakukan kesalahan secara tidak sadar.

Kosa kata terlalu repetitif, intonasi tidak jelas, dan ekspresi terlalu monoton. Anda juga dapat mengubah durasi jeda, misalnya mengucapkan “umm”. Hal ini sering terjadi ketika Anda tiba-tiba lupa kata-kata yang ingin Anda ucapkan.

3. Berlatih di Depan Cermin

Berlatih berbicara di depan umum di depan cermin dapat meningkatkan skor penilaian rekaman video Anda.
Berbicara di depan cermin dapat membantu Anda melatih ekspresi wajah yang mungkin kurang Anda miliki saat berbicara di depan orang banyak.

Ekspresi wajah yang baik membantu audiens memahami pesan yang ingin disampaikan. Jika Anda banyak berlatih di depan cermin, Anda akan bisa lebih mengontrol intonasi, kosa kata, dan ekspresi wajah.

4. Perbanyak Referensi Public Speaking

Faktanya, banyak sekali kursus pelatihan public speaking yang diselenggarakan oleh mentor profesional. Sayangnya, biaya pelatihan ini biasanya mahal.

Versi yang lebih murah juga memungkinkan Anda mengikuti tutorial latihan public speaking secara gratis melalui video yang diunggah ke media sosial.

Kamu juga bisa mempelajari skill public speaking dari karakter favoritmu yang dianggap memiliki kemampuan public speaking yang hebat.

Perhatikan bagaimana mereka mengendalikan suara dan ekspresi mereka, dan bagaimana mereka menanggapi antusiasme penonton. Kelebihan karakter ini bisa dijadikan referensi untuk peningkatan skill. (*)

*Reporter: Mujahidah

Komentar Anda

Iklan