PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Khusus (HMJ PKh) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan aksi kampanye untuk Peringatan Hari Disabilitas Internasional (PHDI). Aksi kampanye tersebut berlangsung di depan Kampus FIP UNM, Jumat (2/12).

Mengusung tema Inklusi In Art, Rahma selaku Sekretaris Umum mengungkapkan alasan memilih tema tersebut. Ia mengatakan akan mengadakan Festival PHDI yang menyediakan panggung berekspresi kepada para penyandang disabilitas pada 10 Desember mendatang.

“Kami mengambil tema ini karena nanti 10 Desember kami akan adakan festival PHDI yang menyediakan panggung berekspresi kepada para penyandang disabilitas untuk menampilkan minat dan bakatnya melalui keseniannya,” katanya.

Selain itu, Rahma mengaku alasan lainnya yaitu agar masyarakat dan mahasiswa umumnya mengetahui bahwa teman difabel pun bisa tampil di segala ranah ketika diberikan ruang dan kesempatan.

Ia juga berkata merasa bangga dengan diadakannya aksi kampanye, karena ini pertanda adanya mahasiswa yang berpikir kritis dan peka terhadap sesama manusia.

“Saya merasa bangga masih ada segelintir mahasiswa yang kritis dan menuangkan pikirannya untuk mengkritik dan peka akan moral dan sosialnya,” tambahnya.

Terakhir, ia berpesan untuk masyarakat agar paham dan tidak mendiskriminasi manusia khususnya kalangan Difabel.

“Kita paham bagaimana cara memanusiakan manusia, bukan membedakan kalangan difabel maupun non difabel dari segala aspek kesempatan perbedaan yang mengalahkan segalanya,” pesannya.(*)

*Reporter: Iyasnur Eynil/Editor: Andi Gusmaniar Irnawati