Pembukaan Eksplodisi 2023. Foto Ist.
Pembukaan Eksplodisi 2023. Foto Ist.

PROFESI-UNM.COM – Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Makassar (IKBIM KIP UNM) laksanakan kegiatan pelepasan dan pembukaan kegiatan Eksplorasi, Pengabdian, dan Edukasi (Eksplodisi). Kegiatan ini berlangsung di pelataran Menara Pinisi, Jumat (15/12) dan Kecamatan Balocci, Sabtu (16/12). 

Eksplodiksi merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Mahasiswa KIP Kuliah kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan Eksplodiksi ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap humanis antara mahasiswa dan masyarakat melalui pengabdian dalam menerapkan pengetahuan sesusai dengan profesi, minat, bakat, cita-cita, dan semangat Mahasiswa KIP Kuliah sebagai Agent of Change.

Kegiatan Eksplodiksi mengangkat tema “Take a Chance, Make a Change”, yang artinya ambil kesempatan, buat perubahan. Sesuai dengan artinya mahasiswa menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di perguruan tinggi kemudian diterapkan di lokasi pengabdian dan bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun mahasiswa.

Kegiatan Eksplodiksi ini mengadakan 6 program kerja yang di antaranya; pertama Program Kelas Edukasi, yang bertujuan memberikan dampak dalam bidang pendidikan di lokasi pengabdian. Program kedua yaitu Creative Economy Training, program pelatihan ini dirancang untuk mengajarkan masyarakat setempat bagaimana membuat berbagai jenis produk, baik yang berhubungan dengan kerajinan, industri, atau strategi pemasaran.

Program yang ketiga Sosialisasi KIP Kuliah, bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada siswa yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi namun terkendala biaya. Program keempat yaitu Sehat Ceria merupakan program yang dilakukan bersama masyarakat setempat diantaranya senam sehat dan pengadaan papan bicara.

Program kelima adalah Deklarasi Anti-Buliying adalah program yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, inklusif, dan bebas dari perundangan, dan program yang keenam adalah Workshop Perbaikan ARTL yang bertujuan untuk berbagai pengetahuan kepada masyarakat di lokasi pengabdian tentang bagaimana mengetahui kerusakan dan cara mengatasinya atau memperbaiki ARTL.

Ketua Umum IKBIM KIP UNM berharap agar kegiatan ini dapat berjalan tanpa kendala berarti. Ia juga berharap melalui kegoatan ini dapat mengimplementasikan ilmu sebagai mahasiswa ke masyarakat luas. Selain itu menuai manfaat bagi khalayak umum.

“Semoga kegiatan kita ini bisa berjalan dengan lancar, bisa membawakan hasil yang baik. Semoga adanya kegiatan ini kita bisa mengimplementasikan apa yang kita dapatkan di bangku perkuliahan dan memberikan kepada masyarakat,” harapnya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili

Komentar Anda

Iklan