PROFESI-UNM.COM – Laporan keuangan menunjukkan kondisi perubahan saat ini merupakan kondisi keuangan perusahaan saat ini. Kondisi perusahaan terkini adalah keadaan keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk neraca) dan periode tertentu (untuk laporan laba rugi).

Biasanya laporan keuangan dibuat per periode, misalnya tiga bulan, atau enam bulan untuk kepentingan intern perusahaan. Adapun untuk laporan lebih luas dilakukan 1 tahun sekali. Dengan adanya laporan keuangan, kita akan mengetahui posisi perusahaan tertentu setelah menganalisis laporan keuangan tersebut.

Ini dari laporan keuangan adalah menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yang diperoleh dalam satu periode, berikut ini beberapa macam laporan keuangan seperti:

* Neraca, merupakan laporan yang menunjukkan jumlah aktiva (harta), kewajiban (utang), dan modal perusahaan (ekuitas) perusahaan pada saat tertent

* Laporan laba rugi, menunjukkan kondisi usaha suatu perusahaan dalam satu periode tertentu.

* Laporan perubahan modal, merupakan laporan yang menggambarkan jumlah modal yang dimiliki perusahaan saat ini.

* Laporan catatan atas laporan keuangan, merupakan laporan yang dibuat berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan.
* Laporan arus kas, merupakan laporan yang menunjukkan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan.

Tulisan ini kutip dari buku “Analisis Laporan Keuangan” oleh Dr. Kasmir, S.E., M. M halaman 66-69, diterbitkan oleh PT RAJAGRAFINDO PERSADA. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah