Potret Pengecekan Body yang dilakukan panitia Keamanan sebelum memasuki Lab Ujian (Foto: Ibnu Qayyum Abdullah)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi tempat pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung pada 10 – 16 November 2023.

Perekrutan CPNS sendiri pada revisi terbaru yang merujuk pada Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) tertulis bahwa adanya penambahan frekuensi rekrutmen CPNS hingga setahun tiga kali. Artinya rekrutmen dibuka sesuai dengan kebutuhan institusi.

Pada tahun ini, UNM terpilih menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut. Dimana CPNS yang mendaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) itu dipusatkan di Pelataran Gedung Menarea Pinisi UNM.

Selaku tuan rumah, kesigapan UNM terutama pada bagian kemanan menjadi perhatian khusus dimana ini merupakan kegiatan besar. Pastinya keamanan para peserta juga harus turut diperhatikan.

Setelah berbincang dengan Risman selalu Kepala Koordinator Keamanan pada pelaksanaan Ujian CPNS ini di pelataran Pinisi, keamanan yang dilakukan sangatlah ketat. Dari sebelum masuk ke Lab ujian, terdapat banyak tahapan yang harus dilalui.

“Untuk tahapannya banyak sekali, mulai dari dibawah itu pengecekan body, terus lanjut pengecekan KTP, hingga sampai di Lab ujian itu di cek lagi. Bahkan sudah di dalam masih di cek lagi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, keamanan para peserta juga sangat diperhatikan. Dari penuturan Risman, mulai dari awal pelaksanaan hingga pada akhir kegiatan belum ada satupun keluhan kehilangan barang mulai dari parkiran hingga kehilangan barang pribadi di tempat pelaksanaan.

“Alhamdulillah dari keamanan kita sendiri itu, mulai dari hari pertama pelaksanaan sampai saat ini belum ada laporan kehilangan barang, mulai dari tempat pelaksanaan sampai ke parkiran belum ada kehilangan apapun,” ungkapnya.

Risman juga menambahkan belum ada peserta yang berkebutuhan khusus, namun yang banyak itu adalah ibu hamil dan beberapa peserta yang habis kecelakaan.

“Kalau berkebutuhan khusus itu belum ada, tapi yang banyak itu Ibu hamil dan peserta yang habis kecelakaan,” tambahnya.

Pelaksanaan Ujian CPNS di kota Makassar ini juga tidak hanya berlangsung di pelataran pinisi UNM, namun untuk instansi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dipusatkan di UIN Alauddin. (*)

*Reporter: Ibnu Qayyum Abdullah

Komentar Anda

Iklan