PROFESI-UNM.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 dari 31 Juli hingga Agustus. Beasiswa Unggulan merupakan program yang diperuntukkan bagi WNI untuk menempuh studi di perguruan tinggi di bawah Kemdikbudristek, Kamis (3/8).

Terdapat dua program yang disediakan dalam Beasiswa Unggulan, yaitu program beasiswa bergelar dan nongelar. Program bergelar dapat ditempuh pada jenjang sarjana, magister dan doktor.

Sasaran dari beasiswa ini adalah masyarakat berprestasi, pegawai Kemendikbudristek yang akan mendaftar atau sedang menjalankan studi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan mahasiswa penyandang disabilitas. Mahasiswa penyandang disabilitas hanya bisa mendaftar pada jenjang magister dan doktor.

Adapun beasiswa diberikan kepada beragam penyandang disabilitas yaitu disabilitas fisik, intelektual, mental dan/atau sensorik. Ragam penyandang disabilitas mencakup yang dialami secara tunggal, ganda atau multi dalam jangka waktu lama.

Syarat dan Ketentuan
Untuk dapat mengikuti program Beasiswa Unggulan 2023, calon peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan. Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi meliputi:
1. Memiliki prestasi akademik/non akademik tingkat internasional atau nasional yang terbukti dengan sertifikat.
2. Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait.
3. Tidak sedang menerima beasiswa serupa dari sumber lain.
4. Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama.
5. Diterima di Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi baik di dalam maupun di luar negeri.
6. Tidak berstatus sebagai dosen, guru vokasi, tenaga kependidikan, atau pelaku budaya.
7. Komitmen untuk mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00 (S1) atau 3,25 (S2 dan S3) selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan.

Selain syarat umum, ada pula persyaratan khusus untuk masing-masing jenjang beasiswa:
1. Beasiswa Sarjana (S1): Lulusan pendidikan menengah, aktif kuliah, kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta essay tentang kontribusi untuk Indonesia.
2. Beasiswa Magister (S2): Belum berusia di atas 32 tahun (untuk mahasiswa baru) atau 33 tahun (sedang kuliah), IPK minimal 3,25 (S1 dan S2), kemampuan
3. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta proposal penelitian disertasi.
4. Beasiswa Doktor (S3): Belum berusia di atas 46 tahun (untuk mahasiswa baru) atau 47 tahun (sedang kuliah), IPK minimal 3,40 (S2 dan S3), kemampuan
5. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta proposal penelitian disertasi.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan: 3 Agustus – 14 Agustus 2023
– Seleksi tahap I: 15 – 20 Agustus 2023
– Pengumuman hasil seleksi tahap I: 22 Agustus 2023
– Seleksi tahap II: 4 – 12 September 2023
– Pengumuman hasil seleksi tahap II: 18 September
– Pembekalan dan penjelasan teknis penandatanganan kontrak: 21 – 30 September 2023 (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman
Flayer Beasiswa Unggulan 2023, (Foto:Int)
Beasiswa Unggulan 2023 Dibuka, Simak Benefitnya!

PROFESI-UNM.COM – Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 dibuka mulai hari ini hingga 17 Agustus mendatang. Beasiswa Unggulan Kemdikbud adalah salah satu jenis beasiswa penuh yang ditawarkan untuk jenjang sarjana hingga doktor. Beasiswa ini dibuka untuk calon mahasiswa maupun mahasiswa aktif dari masyarakat dan Pegawai Kemdikbud, Kamis (3/8).

Beasiswa akan diberikan secara penuh berupa 4 tahun untuk jenjang S1, 2 tahun untuk jenjang S2, dan 3 tahun untuk jenjang S3. Selain biaya perkuliahan, mahasiswa juga akan menerima biaya hidup dan biaya pengembangan.

Beasiswa Pegawai Kemendikbud, akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan S2 atau S3 di dalam dan luar negeri melalui skema tugas belajar.

Pembiayaan yang didapatkan dari beasiswa unggulan ini terdiri dari:

1. Biaya Pendidikan, kamu tidak perlu khawatir soal biaya pendidikan, karena Beasiswa Unggulan Kemendikbud akan menanggung seluruh biaya kuliahmu, baik itu UKT di PTN atau SPP di PTS. Ini artinya, kamu bisa fokus pada perkuliahan tanpa harus memikirkan urusan keuangan.

2. Biaya Hidup, kamu juga berhak atas bantuan biaya hidup selama kuliah. Bayangkan, untuk jenjang S1, kamu bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp1,4 juta per bulan! Ini tentu akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan kuliah dengan lebih nyaman.

3. Biaya Buku, Beasiswa Unggulan Kemendikbud juga memberikan dukungan untuk pengadaan buku selama kuliah. Meskipun tidak mencakup biaya penelitian, bantuan ini tentu akan sangat membantu dalam menunjang proses belajar mengajarmu. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman

Komentar Anda

Iklan