PROFESI-UNM.COM – Kuliah sambil kerja kini kerap dilakukan oleh mahasiswa. Berbagai hal dijadikan alasan, mulai dari mencari pengalaman hingga mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Berikut rekomendasi pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa mengganggu kuliah.

1. Tutor/Guru Les Privat
Tugas utama seorang tutor adalah memberikan instruksi dan pengajaran kepada murid di luar sekolah (les atau kursus), tentang subjek akademik tertentu. Tutor mengajar murid secara individual maupun dalam kelompok kecil. Dengan menjadi tutor/guru les, kamu dapat mengatur sendiri jadwal mengajarmu yakni saat lowong kuliah.

2. Content Creator
Content creator adalah orang yang membuat konten, baik berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Konten tersebut akan ditampilkan di berbagai platform media seperti di website, YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya. Jadwal seorang content creator untuk membuat konten sangat fleksibel sehingga dijamin tidak akan menghambat perkuliahan.

3. Graphic Designer
Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis gerak. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak, dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Ini termasuk pekerjaan yang menjanjikan di zaman sekarang. Kamu bisa mulai membuka jasa desain logo, kartu nama, CV, poster dan lainnya.

4. Make Up Artist
Buat kamu para perempuan yang gemar make up, kamu bisa membuka jasa make up untuk wisuda dan lainnya. Pekerjaan ini cukup berpeluang karena kemampuan merias wajah cukup banyak dibutuhkan, apalagi jika terdapat acara seperti wisuda.

Itulah beberapa rekomendasi pekerjaan part time untuk mahasiswa. Gimana? Teritarik untuk mencoba? Yuk langsung dieksekusi mitra mahasiswa. Semoga berhasil ya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati