PROFESI-UNM.COM – Laporan suatu kegiatan penelitian memuat berbagai aspek yang dapat memberikan gambaran kepada orang lain tentang seluruh kegiatan, langkah, metode, teknik, maupun hasil dari penelitian tersebut (Notoatmodjo, 2005).

Laporan penelitian merupakan laporan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti dengan menggunakan gaya bahasa yang digunakan disesuaikan dengan jenis sasaran peneliti, yaitu rekan kolega ilmuan, kepada para pembuat keputusan, ataupun kepada masyarakat umum, serta berfungsi sebagai alat komunikasi antara peneliti pembaca dengan.

Menurut Mardalis (2003), pembuatan laporan penelitian mempunyai variasi teknik dan gaya (style) yang berpengaruh pada pembacanya. Perguruan tinggi penyelenggara gelar pendidikan biasanya menerbitkan ketentuan yang mengatur teknik dan gaya penulisan laporan penelitian mahasiswa (skripsi, tesis atau disertasi).

Ketentuan tersebut, antara lain mengatur jenis kertas sampul dan isi laporan, ukuran kertas, panjang halaman, catatan, kutipan, gambar (tabel dan grafik), penulisan huruf, tanda baca, kalimat kalimat, serta pemberian nomor.

Penjelasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gaya Penulisan (Gaya Penulisan).
Gaya penulisan dalam laporan penelitian, antara lain mencakup
teknik-teknik penulisan:
A. huruf (misal: kapital, miring, atau tebal);
B. tanda baca (misal, titik, koma, atau tanda kurung);
C. pahatan kata;
D. penggunaan singkatan;
e. teknik penulisan paragraf; dan
F. memberikan nomor (bagian, bab, subbab, dan halaman).

Pemberian nomor pada laporan penelitian, kecuali nomor halamanyang umumnya menggunakan sistem numerik, dapat menggunakan sistem numerik, alfabetik, atau kombinasi keduanya. Sistem penomoran halaman biasanya mengatur penomoran pada bagian pembukaan dan isi laporan serta pengaturan tempat nomor halaman.

2.Kutipan (Kutipan).
Tujuan pengutipan adalah untuk memberikan ilustrasi yang menjelaskan, menegaskan, atau memberikan dukungan terhadap ide, argumentasi, atau kesimpulan peneliti (penulis laporan).

Ketentuan mengenai kutipan biasanya mengatur apa saja yang seharusnya dikutip, panjang kutipan, cara penulisan kutipan, dan daftar sumber kutipan (referensi). Sumber kutipan antara lain berasal dari buku, jurnal, makalah, paper, laporan, surat kabar, majalah, atau jenis informasi yang lain.

3. Tabel (Tabel) dan Grafik (Grafik).
Informasi yang disajikan dalam laporan penelitian biasanya berkaitan dengan informasi yang disusun, diklasifikasi, diringkas, dan disusun dalam bentuk tabel atau grafik agar jelas dan mudah dipahami oleh pembaca laporan.

Ketentuan mengenai tabel biasanya mengatur mengenai tipe, panjang, letak, pemberian nomor, judul, isi, dan pengaturan spasi dalam penyajian tabel. Sementara itu ketentuan mengenai grafik umumnya mengatur jenis, letak, pemberian nomor, judul, batas baris, dan penggunaan huruf.

4. Catatan (Notes).
Catatan dapat berupa referensi, penjelasan, atau komentar yang ditempatkan di luar tubuh tulisan. Pemuatan catatan dalam laporan penelitian bertujuan untuk menunjukkan sumber informasi atau memberikan tekanan penjelas. Ketentuan mengenai catatan biasanya mengatur kapan dan bagaimana penggunaan catatan, di mana letak catatan, dan pemberian tanda/sitasi.

Tulisan ini dikutip dari buku yang berjudul “Metodologi Penelitian” yang ditulis oleh Dimas Agung Trisliatanto, S.IIP., M.PSDM. diterbitkan oleh Penerbit ANDI. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman