Potret Ferigo, Lulusan Terbaik FMIPA Wisuda UNM Periode Desember 2023. (Foto: Ist)
Potret Ferigo, Lulusan Terbaik FMIPA Wisuda UNM Periode Desember 2023. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Ferigo Taufani Tri Hakiki raih predikat wisudawan terbaik Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universtas Negeri Makassar (FMIPA UNM) dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4.00 pada acara Wisuda UNM Periode Desember 2023. Dengan hasil IPK yang memuaskan, Ia bagikan sejumlah tips agar kuliah bisa mencapai target yang sesuai.

Ferigo (sapaannya) mengungkapkan bahwa dibutuhkan komitmen tinggi serta pendekatan yang terorganisis agar proses perkuliah lancar dan mencapai target. Ia menjelaskan bahwa konsistensi belajar adalah kunci utama ia berhasil lulus tepat waktu.

“Mencapai IPK sempurna membutuhkan komitmen yang tinggi dan pendekatan yang terorganisir. Pertama-tama, konsistensi dalam belajar adalah kunci utama. Saya membuat jadwal belajar yang terstruktur, memberikan waktu untuk pemahaman mendalam, bukan sekadar menghafal,” ungkapnya.

Mahasiswa asal Program Studi Statistika ini juga menjelaskan bahwa teliti dalam mencari topik yang dipelajari serta aktif dalam diskusi di kelas selama pembelajaran merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan. Ia percaya bahwa dengan turut aktif di kelas turut membuka peluang untuk memiliki banyak pemahaman yang lebih mendalam.

“Setiap topik yang dipelajari saya teliti dan saya berusaha untuk terlibat aktif dalam diskusi kelas. Saya percaya bahwa partisipasi aktif membuka peluang untuk mendalami pemahaman dan juga mendapatkan apresiasi dari dosen,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan bahwa jangan ragu untuk meminta bantuan kepada dosen jika sedang mengalami kesulitan. Ia percaya dengan ini ia bisa mendapatkan solusi yang sangat membantu.

“Selain itu, saya tidak ragu untuk meminta bantuan dari dosen atau rekan sekelas jika saya mengalami kesulitan. Kolaborasi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia sangat membantu,” ungkapnya.

Berdasarkan penjelasan Ferigo, diperlukan konsistensi serta pendekatan yang terorganisir dalam belajar, konsistensi, teliti dalam topik yang dipelajari, aktif dikelas, serta meminta bantuan ketika diperlukan. Dengan menggabungkan semua tips ini, mahasiswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif, memaksimalkan pemahaman materi, dan meningkatkan peluang untuk mencapai target akademis, seperti lulus tepat waktu atau mencapai IPK yang diinginkan. (*)

*Reporter: Sunan Jaya

Komentar Anda

Iklan