TIM PKM yang terdiri dari Dosen Fakultas Psikologi UNM bersama Mahasiswa melakukan pengabdian di MTs An-Nur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) memberikan intervensi Psikoedukasi Career Plan dan Coaching Group Points of You pada siswa MTs An-Nur Makassar. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masalah umum yang dialami siswa khususnya di MTs An-Nur yang merasa kebingungan untuk menentukan hal-hal apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan usai menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Pengabdian bertajuk “PKM Implementasi Career Coaching Remaja MTs An-Nur Makassar” merupakan salah satu rancangan program yang diinisiasi oleh Dosen Fakultas Psikologi UNM yang terdiri dari Nur Akmal dan Perdana Kusuma bersama Mahasiswa Psikologi Muh. Riyadh Ma’arif dan Nurul Alwiah.

Intervensi pertama dibawakan oleh Nur Akmal yang memberikan Psikoedukasi Career Plan dengan muatan materi pengenalan diri (Who am I) dan Goal Setting. Pemberian materi Who am I dalam layanan bimbingan sosial pada siswa terbukti dapat meningkatkan self-esteem yang berfungsi untuk meningkatkan sikap optimis dalam mewujudkan impian mereka.

Serta penerapan Goal Setting diberikan untuk membantu siswa dalam memproduksi tujuan-tujuan belajar yang sifatnya specific, measurable, attainable, time bound (SMART). Intervensi ini bertujuan untuk membangun motivasi yang lebih kuat demi mencapai hasil belajar yang lebih optimal dan ketekunan dalam menggapai cita-cita.

“Pemberian psikoedukasi careeer plan bertujuan untuk mengedukasi para siswa agar mereka mampu menggambarkan rencana hidup dari karir impian mereka. Materi yang dimuat dalam kegiatan ini terdiri dari konsep pengenalan diri (Who am I) dan penyusunan goal setting SMART agar para siswa mampu mengenali kekuatan dan kelemahan dalam diri, serta mampu melakukan perencanaan untuk mengaktualisasikan impiannya dengan baik,” ujar Nur Akmal selaku Ketua Tim PKM, Sabtu (19/8).

Sesi dilanjutkan dengan pemberian intervensi Coaching Group Points of You yang difasilitasi oleh Perdana Kusuma. Sebagai fasilitator coaching group, ia menjelaskan gambaran tentang pelaksanaan Points of You.

Dalam sesi points of you, fasilitator membantu para siswa untuk menemukan sudut pandang baru yang nantinya diharapkan menjadi sebuah kebiasaan baru berdasarkan insight yang ditemukan oleh masing-masing siswa. Dalam upaya menemukan sudut pandang tersebut, fasilitator menggunakan tools kartu the coaching game disertai peta proses yang didasarkan pada beberapa tahapan di antaranya tahap membingkai persoalan, penentuan langkah, proses menemukan motivasi, serta hal-hal yang menjadi ketakutan dan peluang siswa untuk menggapai impian mereka.

“Dengan menggunakan beberapa powerfull questions guna menggali awakeness para siswa terkait cita-cita hingga rencana karir ke depannya,” lanjut Perdana Kusuma.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah MTs An-Nur Rappokalling mengungkapkan harapannya serta berterima kasih kepada Tim PKM dan segenap civitas akademik UNM yang telah melaksanakan pengabdian di sekolah tersebut.

“Tentunya kami sangat berterima kasih dan haru, karena di antara banyaknya sekolah yang ada di Makassar, MTIM PKM yang terdiri dari Dosen Fakultas Psikologi UNM bersama Mahasiswa melakukan pengabdian di MTs An-Nur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, (Foto: Ist)Ts An-nur dijadikan sebagai lokasi pengabdian yang memberikan banyak manfaat bagi anak didik kami tercinta,” ujarnya. (*)

*Reporter: Mujahidah

 

Komentar Anda

Iklan