PROFESI-UNM.COM – Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) berkolaborasi dengan Google Developer Student Club (GDSC) UNM dan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer (HIMATIK) FT UNM dengan bangga melaksanakan Pameran dan Kompetisi Proyek Ujian Akhir Semester. Kegiatan berlangsung pada hari Kamis, (25/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dekanat Fakultas Teknik UNM tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Muhammad Yahya. Sebanyak 120 tim mahasiswa berpartisipasi dalam acara ini, dengan mata kuliah yang berbeda-beda. Proyek-proyek yang dipamerkan meliputi bidang-bidang seperti Computer Vision, Struktur Data, Big Data, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemrograman Mobile. Proyek-proyek ini merupakan hasil karya kreatif dan inovatif mahasiswa dalam menghadapi tantangan teknologi saat ini.

Ketua Panitia, Andi Baso Kaswar menuturkan kegiatan ini diperuntukkan kepada mahasiswa JTIK sekaligus membuka peluang bagi mahasiswa JTIK untuk menunjukkan eksistensinya secara positif, menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif mereka, membiasakan mereka berkolaborasi sekaligus berkompetisi, serta untuk mendukung tercapainya IKU 7  Universitas Negeri Makassar. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang kepada mahasiswa JTIK untuk menunjukkan eksistensinya secara positif, menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif mereka, membiasakan mereka berkolaborasi sekaligus berkompetisi, serta tentunya untuk mendukung tercapainya IKU 7 Universitas Negeri Makassar,” tuturnya.

Di sela-sela kegiatan pameran, panitia juga menggelar acara talkshow, dimana talkshow pertama  dibawakan oleh core team GDSC UNM yang membahas seputar bagaimana membuat portofolio proyek yang baik. Dan talkshow kedua dibawakan oleh HIMATIK FT UNM yang membahas seputar program kerja HIMATIK.

Mewakili rekan-rekan panitia, Andi Baso Kaswar juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan Fakultas Teknik dan Pimpinan Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Mustari S. Lamada beserta jajarannya, yang telah memberikan dukungan dan fasilitas dalam mewujudkan ide program kerja dosen muda JTIK ini.

“Terima kasih kepada pimpinan Fakultas Teknik dan Pimpinan JTIK yang telah memberikan dukungan penuh dalam mewujudkan ide program kerja dosen muda JTIK,” ucapnya. (*)

*Reporter: Nurul Mutmainna