Logo resmi Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) - (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tahun 2019 pada bulan April mendatang. Pilmapres kali ini mengangkat tema ‘Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini bertujuan untuk memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi/capaian unggul dan membanggakan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Serta mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat menfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi/capaian unggul.

Dengan diselenggarakannya pilmapres di tingkat nasional ini diharapkan setiap perguruan tinggi melakukan identifikasi dan memberi penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi unggul dan membanggakan secara berkesinambungan. Sehingga mahasiswa semakin termotivasi untuk melaksanakan ketiga kegiatan tersebut sebagai wahana untuk menyeimbangkan hard skills dan soft skills mahasiswa.

Pilmapres ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa aktif program sarjana dan diploma yang terdaftar pada PD-DIKTI di perguruan tinggi nasional dan swasta dibawah Kemenristekdikti.
Adapun jadwal pemilihan pada tingkat jurusan/fakultas dan universitas ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing hingga akhir bulan Maret. Sementara untuk tingkat nasional, pendaftaran dibuka mulai 1 hingga 18 April 2019 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi link ini http://pilmapres.ristekdikti.go.id/ . (*)


*Reporter: Andi Dela Irmawati