Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Int)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Situs perangkingan web perguruan tinggi di dunia, Webometrics kembali merilis peringkat terbaru. Berdasarkan hasil riset terakhir, Universitas Negeri Makassar (UNM) menduduki posisi 4.792 secara global.

Sebelumnya, tertanggal 28 Juni 2016 lalu, UNM menempati peringkat 5.013 secara global. Tiga besar masih ditempati oleh tiga perguruan tinggi negeri Paman Sam, secara berturut-turut Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan Stanford University.

Untuk skala nasional, UNM masih tertinggal jauh di posisi 64 sedangkan Universitas Hasanuddin (Unhas) pada peringkat 11. Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki posisi 1, kemudian Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Banding (ITB).

Pemeringkatan Webometrics menggunakan empat indikator. Di antaranya, jumlah halaman web (presence), domain web yang tertangkap oleh search engines (visibility), jumlah halaman pdf menurut google (openness), jumlah paper dan sitasi yang tertangkap dalam kurun lima tahun (excellence). (*)


*Muh. Agung Eka S

Komentar Anda

Tinggalkan Komentar

Iklan