Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Trainer Kendali Digital di SMKN 2 Makassar. (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Trainer Kendali Digital, Kamis (28/10). Kegiatan ini diikuti oleh beberapa guru dan siswa dari SMKN 2 Makassar.

Dalam pelaksanaannya melibatkan lima dosen dari JTIK, terdiri dari Satria Gunawan Zain sebagai ketua tim, dan Suhartono, Andi Baso Kaswar, Abdul Rahman Patta, dan Irwansyah Suwahyu sebagai anggota tim. Kegiatan ini juga dibantu beberapa mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Komputer dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Ketua tim, Satria Gunawan Zain mengatakan kegiatan ini adalah upaya sebagai bentuk peningkatan kualitas dan keterampilan siswa dan tenaga pendidik di SMKN 2 Makassar.

“Kegiatan ini adalah salah satu PKM (Program Kemitraan Masyarakat) bertujuan untukĀ  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari guru dan siswa SMK Negeri 2 Makassar,” katanya.

Satria (sapaannya) juga mengatakan pelaksanaan pelatihan dilakukan selama sehari dengan pemberian materi disertai praktikum.

“Pelaksanaan pelatihan yang diberikan berupa pengenalan teknologi mikrokontroller dan Arduino sebagai perangkat kendali digital, dilanjutkan dengan panduan penggunaan trainer digital, serta praktikum menggunakan trainer kendali digital yang telah disediakan yang merupakan hasil produksi dari Laboratorium Embedded System Prodi Teknik Komputer,” ujarnya.

Ketua Prodi Teknik Komputer itu juga mendapatkan dukungan dari PNBP dalam bentuk dana hibah penelitian, serta dari SMKN 2 Makassar dengan menyediakan fasilitas laboratorium dan sejumlah perangkat pendukung lainnya.

“Faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya bantuan hibah dari PNBP, selain itu kegiatan ini juga didukung oleh sekolah SMKN 2 Makassar dengan menyediakan fasilitas pelatihan berupa ruang laboratorium dan sejumlah komputer,” ucapnya.

Di akhir kegiatan juga dilakukan post test untuk melihat hasil pelatihan peserta dan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait kendali digital.

“Peserta mendapat gambaran yang utuh terkait dengan komponen sistem kendali digital, perangkat yang digunakan serta mendapat pengalamanan dalam membuat proyek berbasis sistem kendali digital,” tuturnya. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar/ Editor: Sumaya Nursyahidah