Ilustrasi Kuliah Online : Foto-Int
Ilustrasi Kuliah Online : Foto-Int

PROFESI-UNM.COM – Saat ini kuliah berbasis online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi video meeting semakin banyak. Hal ini dikarenakan tingginya kebutuhan dan minat Mahasiswa menggunakan sistem online. Dilansir dari idn.times berikut beberapa alasan kenapa kuliah online sangat membantu.

  1. Hemat biaya dan waktu perjalanan
    Alasan kenapa kuliah online sangat disukai adalah karena hemat biaya dan hemat waktu. Tidak banyak pelajar yang memiliki rumah di dekat kampus sehingga perjalanan pulang dan pergi ke kampus adalah perjalanan yang sangat berat bagi mereka, semakin jauh tempat tinggal maka semakin besar pula biaya dan waktu yang harus dikorbankan.
  2. Bisa fokus meski banyak orang dalam kelas
    Untuk kelas yang menampung banyak orang sekaligus akan membuat orang- orang yang duduk di barisan paling belakang sulit fokus ke pelajaran. Hal ini tentu sangat tidak enak untuk mereka yang terpaksa duduk di barisan paling belakang.
  3. Belajar dikondisi nyaman
    Dengan belajar online, kita bisa menentukan sendiri di mana kita akan belajar. Bisa di kamar sendiri, kafe, atau di mana pun yang membuatmu merasa lebih nyaman. Kenyamanan saat belajar akan membantumu untuk menyerap pelajaran dengan lebih baik lagi.
  4. Usaha atau pekerjaan tidak terhalang
    Jika saat ini kamu sedang bekerja atau memiliki, tetapi tetapi ingin melan jutkan studi maka kuliah online menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena tidak peduli di mana kampusmu berada, kamu bisa tetap mengikuti pelajaran yang ada selama jadwal kuliahmu cocok.
  5. Pengalaman belajar lebih menyenangkan
    Dengan menggunakan sistem online, dosen bisa memanfaatkan berbagai fitur di platform video meeting yang digunakan seperti memutar video, membuat coretan, dan lain-lain. Berbeda dengan kelas online, di mana tidak semua kampus memiliki fasilitas yang bagus untuk memutar suara dan video sehingga menjadi lebih sulit. (*)

*Reporter : Tito Koes Herdianto/Editor : Annisa Puteri Iriani