PROFESI-UNM.COM – Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II membuka program bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang digagas oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Program ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi BUMN di masa yang akan datang.

Muh Vicky Ridho Falsyahwa menjadi satu-satunya mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang lolos mengikuti program ini dan di tempatkan di PT. KAI Manggarai yang berada di Jakarta Selatan (Jaksel), PT. KAI  merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa angkutan kereta api di Indonesia.

PMMB pada batch II ini membuka 824 formasi bagi mahasiswa di setiap jurusan masing-masing. Hanya 84 mahasiswa UNM yang dinyatakan lolos untuk seleksi wawancara, hasil seleksi akhir dinyatakan sebanyak 13 mahasiswa UNM yang lolos program magang ini, salah satunya Vicky.

Vicky sapaan akrabnya menjelaskan bahwa selama ia magang yang akan dikerjakannya adalah sesuai dengan kejuruannya. Yang nantinya akan direkognisi menjadi 20 SKS.

“Praktik Mesin Fluida, Manajemen Perawatan, Pesawat Angkat, Proses Manufaktur, Praktik Indusri I, Etika Profesi, Praktik Industri II, dan Metode Penulisan Ilmiah,” jelasnya.

Lanjut, mahasiswa Angkatan 2020 ini berharap agar kedepannya akan lebih banyak lagi mahasiswa yang mendapatkan kesempatan mengikuti program PMMB ini agar bisa menambah ilmu yang pengalaman yang begitu berharga.

“Semoga kedepannya makin banyak lagi yang bisa mengambil bagian dalam program yang baik ini. Belajar di dunia kerja secara langsung adalah hal yang sangat bermanfaat untuk menjawab tantangan SDM yang ada di dunia kerja,” harapnya

Terakhir, pria asal Toraja ini juga memiliki harapan setelah magang di PT.KAI Manggarai, ia bisa Kembali mengabdi pada negara melalui BUMN dan juga bisa membanggakan Kampus Orange tercintanya.

“Harapan saya, semoga dalam perjalanan enam bulan ini bisa memberikan yang terbaik untuk PT. KAI dan mengharumkan nama baik UNM, saya juga berharap semoga pulang dari PMMB Batch II ini saya boleh kembali mengabdi pada negara melalui BUMN,” harapnya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman