MTsN 1 Makassar Wujudkan Pembelajaran Luar Kelas Melalui Kunjungan LKPB FMIPA UNM

0
102
MTsN 1 Saat Melakukan Praktikum Ke LKPB FMIPA UNM. (Foto: Ist)
MTsN 1 Saat Melakukan Praktikum Ke LKPB FMIPA UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Makassar lakukan kunjungan praktikum ke Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang bertempat di depan kampus UNM Parangtambung.  

Dalam rangka melakukan pembelajaran praktikum, tercatat 9 kelas kelas dari MTsN 1 Makassar yang melakukan kunjungan di LKPB FMIPA UNM yang dilakukan secara bertahap mulai dari 2 hingga 23 september.

Materi pembelajaran Praktikum LKPB disesuaikan dengan keinginan guru pengampu, seperti klasifikasi makhluk hidup, morfologi, anatomi tumbuhan, dan pengamatan bakteri menggunakan mikroskop.

Selain itu, pembelajaran praktikum dalam laboratorium, LKPB FMIPA UNM juga menyediakan pembelajaran praktikum langsung, siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang kemudian diberikan pembelajaran praktikum sesuai materi yang telah direncanakan.

Masing-masing kelompok didampingi oleh satu instruktur yang mumpuni di bidangnya.

A. Fajria, Guru MTsN 1 Makassar mengatakan kunjungan ke LKPB FMIPA UNM merupakan salah satu kegiatan yang telah di rencanakan sebagai wujud pembelajaran diluar kelas bagi siswa.

“Saya memang telah merencanakan program pembelajaran di luar kelas agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar karena tentu ada perbedaan saat belajar di dalam kelas dan di luar kelas,” katanya.

Lebih lanjut, Adnan selaku Kepala LKPB FMIPA UNM menjelaskan bahwa adanya pelayanan pendidikan yang ditawarkan LKPB FMIPA UNM dapat menjawab ketimpangan pembelajaran sains yang terjadi di sekolah.

“Kami membuka layanan pendidikan di LKPB FMIPA UNM ini karena kami melihat adanya ketimpangan yang terjadi pada pembelajaran di sekolah. Dimana beberapa sekolah cenderung tidak memberikan pembelajaran praktikal di lingkup sains, padahal praktikum masuk dalam kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, khususnya dalam pelajaran IPA dan Biologi,” jelasnya.

Terakhir, Bagi sekolah yang berminat untuk menerima layanan pembelajaran praktikum dapat melakukan pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi LKPB FMIPA UNM yang beralamat di Jalan Mallengkeri No. 44 tepat di depan Kampus UNM Parangtambung.

Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan menghubungi kontak koordinator LKPB +62855341650799. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini