Tips Tetap Produktif Selama Liburan

0
82
Ilustrasi produktif, (Foto: Int.)
Ilustrasi produktif, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Libur merupakan hal yang sangat dinantikan oleh semua orang. Libur semester genap ini merupakan libur yang cukup panjang. Berbeda dengan libur pada saat masih siswa, libur pada saat menyandang status sebagai mahasiswa harus bisa dimanfaatkan dengan bijak.

Libur kuliah bisa saja diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan dapat mejadikan liburan semester jadi berkualitas. Bukan hanya digunakan  untuk jalan-jalan dan sebagainya yang hanya membuang waktu serta energi tetapi bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan produktif.

Dilansir dari kumparan.com, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar libur kuliah tetap bisa produktif dan tidak sia-sia, diantaranya:

  1. Magang
    Magang menjadi salah satu pilihan kegiatan untuk mengisis liburan. Magang biasanya dilakukan di perusahaan yang sesuai dengan jurusan dan keterampilan yang kamu miliki. Dalam kegiatan magang, kita memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah. Pengalaman ini kemudian akan menjadi bekal dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya.
  2. Ikut proyek penelitian dosen
    Dengan mengikuti proyek penelitian dosen bukan hanya mendapatkan ilmu baru, tetapi juga akan mendapatkan relasi dari dosen terkait, serta tidak perlu menghawatirkan biaya karena mahasiswa akan mendapatkan makan serta minum dalam penelitian, dan kerap diberikan uang saku. Jika beruntung, mahasiswa bisa ikut dengan dosen ke luar kota, bahkan ke luar negeri untuk penelitiannya.
  3. Belajar kemampuan baru
    Selama kita sering mencoba hal baru maka dapat membantu seseorang belajar menjadi lebih baik. Selain itu, mempelajari kemampuan baru dapat membantu seseorang untuk mempelajari sesuatu dengan cepat.
  4. Menulis
    Bagi mahasiswa, kemampuan menulis merupakan salah-satu aspek kemampuan berbahasa yang sangat penting. Misalnya, dengan menulis artikel, buku atau novel dapat memperkaya wawasan dan melatih imajinasimu. Dengan keterampilan tersebut, kamu dapat mengungkapkan ide, pikiran, kreativitas, dan kemampuan melalui tulisan, tentunya untuk menyelesaikan skripsi, tugas akhir, sebagai salah satu syarat kelulusan.
  5. Kepanitiaan program kerja organisasi
    Bagi teman-teman organisatoris, berpartisipasi di kepanitiaan untuk mengerjakan proker organisasi adalah cara untuk berproses dan berprogres.

Ternyata banyak juga kegiatan bermanfaat serta produktif yang dapat dilakukan saat liburan. Dengan liburan, yang terpenting adalah menyegarkan fisik dan pikiran kita untuk lebih semangat dan siap untuk menjalani perkuliahan lagi nantinya. Penting untuk seorang mahasiswa bijak dalam memanfaatkan waktu libur yang sebetulnya bisa dipergunakan untuk melakukan hal yang produktif. (*)

*Reporter: Murni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini