Direktur Tribun Timur Jelaskan Perbedaan Informasi dan Berita Dalam Media Sosial

0
151
Thamsil Tahir dalam Journalism Roadshow 2022 (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Di zaman sekarang, media sosial semakin meluas dan dapat dijangkau oleh semua masyarakat. Informasi dan berita dapat diunggah dan diakses oleh siapa saja.

Direktur Tribun Timur, Thamsil Tahir mengatakan di era sekarang ini, banyak masyarakat yang belum bisa membedakan antara informasi dan berita. Banyak informasi yang beredar di internet, namun masih dianggap sebagai berita.

“Sekarang masyarakat itu menganggap informasi sebagai berita, walaupun itu tidak jelas dari mana, kapan kejadian itu terjadi, siapa yang terlibat, bagaimana dan dimana kejadian itu terjadi,” kata Thamsil dalam “Journalism Roadshow 2022, Tantangan Etika Jurnalistik dan Etika Digital di Tahun Pemilu” Sabtu (17/9).

Ia juga menjelaskan, dalam jika suatu postingan di media sosial itu tidak ada 5W 1H nya, maka itu sebuah informasi, bukan sebuah berita. Sedangkan, berita itu berisi informasi yang dibutuhkan dan jelas adanya.

“Informasi yang di media sosial itu bukan sebuah berita karena tidak ada 5W 1H nya. Kalau berita itu berisi informasi-informasi yang jelas dan meliputi 5W 1H nya itu,” jelasnya. (*)

*Reporter: Resky Nurhalizah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini