PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Satrio Mubaraq berhasil meraih juara 1 Lomba Tahfidz Al-Qur’an dan Hadits Cabang 30 Putra Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022. Lomba ini diselenggarakan di gedung balai Kartini, 29 – 31 Agustus 2022.  

Satrio sapaannya, mengungkapkan jika dirinya menjadi hafidz Al-Qur’an sejak duduk di kelas satu Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Sejak kelas 1 SMA,” ungkapnya.

Mahasiswa penerima bidikmisi ini melakukan persiapan lomba selama dua pekan lebih. Ia hanya perlu kembali mengulang hafalan Al-Qur’an sebanyak 7 juz perhari.

“Persiapan 15 hari, yang disiapkan cuma murajaah atau diulang minimal 7 juz perhari,” Ucapnya.

Lanjut, Ia menceritakan bahwa dirinya tidak percaya diri karena saingan yang sangat berat. Perwakilan dari setiap daerah di Sulawesi Selatan pun sudah memiliki banyak pengalaman lomba. Berbanding terbalik dengan dirinya yang baru pertama kali mengikuti lomba ini.

“Saya tidak percaya diri, sebab saingannya berat. Perwakilan daerah lain sudah pernah juara dan punya pengalaman. Saya baru pertama ikut lomba ini,” Ujarnya.

Namun ucapan yang diberikan oleh sang ustadz, mampu melunturkan rasa tidak percaya diri dan memberikan motivasi kepada dirinya.

“Ustadz saya memberikan motivasi, Alhamdulillah motivasi itu membuat saya maju dan meraih juara,” ujarnya.

Terakhir, ia berharap agar hafalan yang ia punya masih terjaga di tengah kesibukannya dan dapat mengamalkan ilmu yang diberikan Allah SWT sebagai penyelamat keluarga.

“Semoga hafalan saya masih terjaga dan saya menjadi penyelamat keluarga,” harapnya. (*)

*Reporter: Andi Muh Nur Takbir Patta/ Editor: Nur Arrum Suci Katili