PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM), Muh. Irsyad Yunus menorehkan prestasi terpilih menjadi Terbaik III Duta Bahasa se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) 2022. Pemilihan Duta Bahasa ini diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Irsyad menceritakan alasan mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Sulselbar 2022 karena termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dirinya dan mengukur sejauh mana potensi yang ia miliki. Ia juga berkeinginan untuk menjadi duta bahasa dengan membawa nama baik jurusan, fakultas, daerah, serta membanggakan kedua orangtuanya.

“Ingin meng-upgrade skill dan mengetahui sampai sejauh mana potensi yang saya miliki. Saya juga bermimpi untuk menjadi bagian dari Duta Bahasa Sulawesi Selatan,” ujarnya saat diwawancarai oleh kru Profesi, Rabu, (10/8).

Lanjut, Jejaka asal Sidenreng Rappang ini mengaku penilaian pemilihan duta bahasa ini sangat layak bagi para peserta. Ia menyukai rangkaian kegiatan dalam pemilihannya karena sistematis dan pelaksanaannya pun diawasi oleh dinas provinsi.

“Ajang ini menilai secara layak dan pantas bagi para peserta yang sesuai untuk meraih predikat tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Irsyad memaparkan langkah yang ia ambil setelah menjadi Duta Bahasa ialah dengan menarik semua finalis duta bahasa dan mengadakan rapat membahas program kerja dari para duta bahasa.

“Kita akan rapat program kerja yang akan kita sepakati. Program kerja ini dari isi esai masing-masing finalis. Karena kemarin itu, esainya diminta untuk menceritakan program kerja,” paparnya

Tak hanya aktif di luar kampus, Irsyad juga turut aktif di lembaga internal kampus. Saat ini ia merupakan Demisioner Ketua HMPS Psikologi Kampus V UNM sekaligus founder dari platform Sobat Psi. (*)

*Reporter: Eka Cahya/Editor: Nur Arrum Suci Katili