PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa program Kuliah kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat Sosialisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Digital. Kegiatan ini berlangsung di Kalimpangan, Kelurahan mandomai, Kapua Barat, Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (9/8).

Salah satu narasumber, Yuspita Sari menyampaikan materi mengenai pentingnya marketing digital, dasar marketing, dan digital product.

“Dalam berbisnis kita harus semaksimal mungkin memanfaatkan media digital. Ada banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk hasil rotan ini,” ungkapnya.

Sosialisasi tersebut juga menghadirkan beberapa pengrajin rotan di Kalimpangan. Pada pertemuan itu, para pengrajin rotan menjelaskan pembuatan kerajinan rotan seperti tas hanya dibuatkan pada saat ada pemesanan.

“Jadi kami hanya membuat tas sesuai pemesanan, itu pun dari mulut ke mulut,” ujar salah satu pengrajin rotan tersebut.

Sementara itu, Aldy Wiraguna salah satu mahasiswa KKN Kebangsaan Kelurahan Mandomai mengatakan tas rotan dapat go internasional apabila dipasarkan dengan konsisten.

Aldy sapaannya menambahkan, setelah sosisalisasi tersebut akan ada pelatihan penggunaan marketplace. Seperti Shopee, Instagram, Facebook, maupun media lainnya.

Tidak sampai di situ, rupanya mereka telah membuat akun Instagram dengan nama RotanE yang dapat digunakan dalam pemasaran produk rotan mereka.

Masyarakat pengrajin rotan di Kalimpangan berharap melalui pelatihan marketplace, produk rotan yang telah dihasilkan dapat dipasarkan di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Luar Negeri. (*)

*Reporter: Isnayanti/Editor: Mujahidah