PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan NAPZA, Universitas Negeri Makassar (UKM MAPHAN UNM) telah melangsungkan kegiatan MAPHAN PEDULI 2022. Kegiatan ini tak hanya diisi dengan sosialisasi namun juga diramaikan dengan lomba-lomba yang mengasah kreativitas.

Kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 dilaksanakan pada 1 sampai 7 Agustus 2022 di Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan dengan tajuk “Tebarkan Kepedulian, Ciptakan Kebersamaan, Tanggulangi Bahaya Penyebaran HIV/AIDS dan Penyalahgunaan NAPZA Bersama Masyarakat”

Dalam sambutannya Dewan Pembina UKM MAPHAN UNM, Idham Irwansyah Idrus, menuturkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar edukasi dan sosialisasi. Kegiatan ini juga dapat memberikan ruang ruang kreasi bagi pelajar SMA di kota Pare-pare serta masyarakat. Adapun lomba yang disediakan yakni lomba Ranking 1 dan lomba Poster.

“Kegiatan inipun juga akan memberikan ruang kreatif bagi adek-adek siswa SMA di Pare-pare serta masyarakat lainnya melalui berbagai macam lomba yang akan diadakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum UKM MAPHAN UNM, Muhammad Reinaldi Mustari mengatakan MAPHAN PEDULI atau Bakti Sosial ini adalah salah satu program kerja yang ada dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Lanjut, ia menngungkapkan bahwa pemilihan lokasi di pare-pare dengan alasan bahwa kota ini merupakan lokasi transmisi narkoba dan NAPZA di Sulawesi Selatan. Maka dari itu ia berharap masyararakat sekitar dan anak sekolah dapat memahami bahaya dari penyalahgunaan zat adiktif tersebut.

“Kota Pare-Pare sudah menjadi tempat eksport-import nya narkoba ataupun NAPZA yang ada di Sulawesi. Harapan kami berada disana bisa membuat masyarakat dan anak-anak sekolah bisa mengerti bahaya dari penyalahgunaan narkoba dan penularan virus HIV/AIDS,” jelasnya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili