PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Seminar Hasil Penelitian PMP-OMK XXIV. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM, Minggu (7/8).

Setelah kurang lebih 14 hari, 12 tim peneliti telah melakukan penelitian lapangan sesuai dengan judulnya masing-masing. Kedua belas tim peneliti tersebut terbagi atas lima skim penelitian yaitu penelitian skim sains, skim sosial, skim sosial-ekonomi, skim teknologi dan skim pendidikan.

Pada seminar hasil tersebut, hasil penelitian dari skim sosial-ekonomi yakni Kelompok 5 berhasil mendapatkan nilai tertinggi pertama. Kelompok tersebut mengambil judul “Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar yang Dialami oleh Mahasiswa dan Pelajar di Kota Makassar”.

Salah satu peserta, Fathin mengatakan mengikuti PMP merupakan pengalaman yang paling berkesan. Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat karena dapat memahamkan bagaimana sistematika dan alur penelitian dilakukan.

“Mengikuti PMP merupakan pengalaman yang paling berkesan bagi kami, PMP mengenalkan kami bagaimana sistematika dan alur sebuah penelitian itu dilakukan,” katanya.

Lebih lanjut, Dia juga mengatakan kerja sama kelompok yang baik merupakan kunci dari keberhasilan. Tak hanya itu, keberhasilan yang diraih juga merupakan bimbingan dari seorang mentor serta panitia pengarah dari kegiatan tersebut.

Terakhir, Ketua panitia, Muhammad Fadhil Firdaus mengapresisasi peserta yang telah berhasil menyelesaikan penelitiannya sampai tahap seminar hasil. Ia pun berharap ilmu-ilmu yang didapatkan akan selalu menghasilkan karya dan inovasi  yang berguna bagi banyak orang.

“Segala perjuangan dan jerih payah yang adik-adik lalui selama proses penelitian akan menjadi pelajaran dan pengalaman yang menciptakan sebuah kenangan yang sangat berharga,” tuturnya. (*)

*Reporter: Putri Ayu Andini/Editor: Ahmad Husen