PROFESI-UNM.COM – Scholars Sulawesi mengadakan sharing session membahas tentang tips dan trik dalam memulai rencana kuliah ke luar negeri. Pertemuan ini berlangsung secara daring via zoom meeting, Selasa (2/8).

Mengusung tema “See the World Study Aborad”, sharing session ini menghadirkan salah seorang MSc Nursing and Health di Universitas Dundee sekaligus Awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemdikbud yaitu Ryka Widyaningtyas sebagai pembicara.

Dalam pembahasannya, Ryka mengungkapkan belajar pemahaman teori setiap hari dengan waktu 7 hingga 10 jam dapat mendorong diri dalam meningkatkan kemampuan dari empat bagian International English Language Testing System (IELTS). Di antara kemampuan tersebut yakni speaking, listening, reading, dan writing.

“Belajar teori tiap harinya dengan waktu 7-10 jam dapat membantu improve skills bahasa inggrisnya dari empat items IELTS,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan latihan soal dan kursus juga dapat membantu meningkatkan kemampuan keempat bagian IELTS. Seperti melatih listening melalui film berbahasa inggris, membangun kebiasaan rajin membaca, melatih pelafalan, dan membangun kemahiran menulis (academic wiriting).

“Terus melatih kemampuan mendengar, membaca, menulis, dan berbicara dengan giat belajar serta latihan soal-soal IELTS/TOEFL karena hal tersebut menjadi pondasi dasar dalam study abroad,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ryka menjelaskan agar jangan takut bermimpi setinggi mungkin lalu berusaha untuk mewujudkannya dengan mulai berencana lalu beraksi.

“Jangan takut bermimpi, mimpi hanya kelihatan abstrak jika kita mengatakannya, makanya wujudkan dengan mulai merencanakan lalu menulis target nyatanya,” tutupnya. (*)

*Reporter: Erwinsyah/Editor: Mujahidah