Lembaga Dakwah FT Usung Tema Topik Kampung Iklim Dalam PPK Ormawa

0
60
Foto bersama anggota Lembaga Dakwah Fakultas Raudhatul Mujaddid dan masyarakat Desa Laikang. (Foto-Ist).
Foto bersama anggota Lembaga Dakwah Fakultas Raudhatul Mujaddid dan masyarakat Desa Laikang. (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) telah melaksanakan kegiatan Launching dan Sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA). Program tersebut bertajuk Kampung Iklim Berbasis Mitigasi dan Adaptasi Lingkungan untuk Mendukung Program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Launching dan Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (30/7).

Ketua Tim, Sahrul Alam menuturkan program Ormawa ini dimaksudkan untuk membina mahasiswa agar menjadi insan yang cerdas dan aktif dalam menangani masalah.

“Ormawa diharapkan dapat menjadi pusat pembinaan mahasiswa yang unggul dan cakap dalam menghadapi berbagai masalah,” tuturnya.

Saya juga berharap seluruh stakeholder dapat berpartisipasi secara aktif untuk berkolaborasi membangun desa sehingga kegiatan ini dapat sukses dan betul-betul berdampak pada masyarakat” jelasnya.

Program Kampung Iklim yang diangkat sebagai Topik Kegiatan PPK Ormawa LDF RM FT UNM adalah hasil diskusi dengan pemerintah dan tokoh masyarakat sekitar tiga bulan sebelum proposal pendanaan kegiatan diajukan. Hal ini berdasarkan permasalahan dan potensi yang dimiliki oleh Desa dan harus segera diatasi agar masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengelola lingkungan dengan baik.

Sementara itu dalam sambutannya, Camat Kecamatan Mangarabombang yaitu Sudirman menghimbau seluruh masyarakat untuk menyambut program dan memerintahkan masyarakat agar mengikuti seluruh rangkajan kegiatan. Ia juga menuturkan bahwa kegiatan ini sendiri memiliki dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim PPK Ormawa LDF RM FT-UNM. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintah Desa Laikang,” ungkapnya.

Terakhir, Sekretaris Desa Laikang yaitu Syaharuddin mengungkapkan apresiasinya kepada pihak kampus dan Tim PPK Ormawa karena telah memilih desa mereka sebagai mitra program ini. Ia juga berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar serta meningkatkan hubungan antar pihak kampus dan masyarakat desa setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak UNM dan mahasiswa Tim PPK Ormawa LDF RM FT-UNM telah memilih Desa kami sebagai mitra. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan terus terjalin kerja sama antara pihak Universitas dan Desa,” katanya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini