PROFESI-UNM.COM – Koperasi Mahasiswa (Kopma) Almamater Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Kopma Festival (Kopfest) 2022 untuk pertama kalinya. Kegiatan ini mengusung tema Akselerasi Peran Koperasi Digital dan UMKM dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ketua panitia, Asbi Syahbili menjelaskan alasan mengangkat tema ini karena ingin meningkatkan perekonomian nasional melalui UMKM, memajukan ekonomi dan koperasi yang berbasis digital.

Kopma festival merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat wirausaha, kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif melalui ajang kompetisi.

“Sebagai sarana silaturahmi antar pelajar-mahasiswa se-Kota Makassar dan memperkenalkan organisasi Kopma kepada masyarakat umum,” kata Asbi.

Dalam rangkaian acara Kopfest ini, terdapat dua lomba yang akan diselenggarakan. Pertama, Business Plan Competition yang dapat diikuti mahasiswa aktif di seluruh Indonesia. Kedua, lomba debat untuk siswa SMA sederajat se-Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar.

“Rencananya kegiatan akan dilaksanakan di Ruang Teater Lt.3 Gedung Pinisi UNM dengan rangkaian acara yang dimulai pada 24 Juli-25 Agustus 2022,” beber Asbi.

Lebih lanjut, pendaftaran lomba Kopfest 2022 gelombang pertama dimulai pada 24 sampai 31 juli dan untuk gelombang kedua akan dibuka pada 1 sampai 8 agustus 2022. Kemudian, akan dilaksanakan seminar dan pameran yang bisa diikuti mahasiswa secara umum pada Kamis (25/8) mendatang. (*)

*Reporter A. Nur Ainun/Editor: Mujahidah