PROFESI-UNM.COM – Bagi kamu mahasiswa Universitas Negeri Makasssar (UNM) yang sedang mencari beasiswa, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) untuk 101 perguruan tinggi negeri termasuk UNM. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada 26 Juli sampai 15 Agustus 2022 pukul 16:00 WIB.

BCB adalah program beasiswa pendidikan tinggi bagi para mahasiswa tingkat D-4 dan S-1 yang sedang menempuh studi (on going) di kampus mitra beasiswa BAZNAS.

Fasilitas Beasiswa Cendekia BAZNAS yang diberikan berupa, subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga Rp.2.700.000 per semester, yang dibayarkan langsung kepada rekening kampus mitra atas nama mahasiswa penerima beasiswa. Selanjutnya, ada program pengembangan diri bersama mentor kampus dan tokoh nasional tiap 3 bulan oleh BAZNAS.

Durasi beasiswa diberikan selama 4 semester, dari semester 5 sampai semester 8. Persyaratan umum pendaftaran beasiswa cendekia BAZNAS  berupa:

1.Mahasiswa S1/D4 semester 5 program reguler di kampus mitra BAZNAS
2.Memenuhi salah satu kriteria berikut:
a.Jurusan prioritas: Komputer, profesi(kedokteran, psikologi, keperawatan,
farmasi), Teknik, Akuntansi, Statistika, Manajemen Zakat dan Wakaf, Komunikasi, Ekonomi, dan Pendidikan.
b.Memiliki prestasi nasioanal dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud)
c.Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan
d.Menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/ masyarakat.
3.IPK minimal 3,00 (skala 4,00)
4.Melengkapi berkas;
a.Pas foto
b.KTP dan Kartu Keluarga
c.Transkrip nilai IPK terakhir
d.Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat, pengurus masjid, atau BAZNAS Kabupaten/Kota (pilih salah satu saja)
e.Surat pernyataan
f.Esai dengan tema “Kontribusiku menjadi generasi zakat”

Tata cara pendaftaran dapat diunduh di: https://bit.ly/bcbdn2022-panduan. Peserta mendaftarkan diri secara online dan mengunggah berkas pendaftaran melalui laman berikut https://bit.ly/bcbdn2022-pendaftaran. (*)

*Reporter: A. Nur Ainun/Editor: Mujahidah