PROFESI-UNM.COM – Komunitas Weabo Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Komunitas BookInation membuka lapak baca komik di Pelataran Menara Pinisi, Kamis (28/7).

Salah satu pihak BookInation, Zul mengungkapkan tujuan diadakannya lapak baca ialah untuk memperkenalkan dan membiasakan masyarakat agar mulai membaca buku. Dimulai dari bacaan komik dan novel yang pembawaannya ringan dan menarik.

“Saya mengajak dengan memulai membaca buku komik atau novel yang ringan. Komik jelas alur ceritanya dan bergambar sehingga menarik,” ungkapnya

Zul juga menjelaskan bahwa sasaran lapak baca ini ialah mahasiswa yang menyukai hal seputar jepang, seperti anime.

“Sasarannya ya penyuka hal berbau jepang karena mereka suka nonton anime. Anime itu kan biasanya dari cerita komik atau novel,” jelas Zul.

Selain itu, salah satu anggota komunitas weabo, Fadil berharap dengan adanya kegiatan lapak baca akan mengubah pandangan masyarakat mengenai sifat penyuka anime yang anti sosial dan kurang memiliki intelektual.

“Semoga stereotip masyarakat tentang wibu itu menjadi positif. Kan kita juga mengkaji sesuatu dari perspektif anime,” harapnya

Terakhir, fadil mengungkapkan bahwa banyak mahasiswa UNM yang tertarik akan jepang atau anime.

“Iya, Banyak sekali mahasiswa yang tertarik sama jejepangan,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Eka Cahya/Editor: Andi Nurul Izzah Ilham