HME FT UNM Pahamkan Peran Kontrol Sosial Lewat Training Advokasi

0
236
Penyerahan sertifikat pemateri (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Training Advokasi untuk membahas pentingnya peran kontrol sosial. Kegiatan ini berlangsung di Benteng Somba Opu, Rumah Adat Pinrang, Kamis (28/7).

Pelatihan tersebut mengusung tema “Urgensi Advokasi dalam Rekonstruksi Peran Mahasiswa di Lingkup Kampus dan Masyarakat”. Ketua Panitia, Andi Erik Reskianto menjelaskan alasannya memilih tema tersebut ialah pentingnya peran mahasiswa sebagai social of control di kampus maupun di masyarakat.

Lanjut, Mahasiswa angkatan 2020 itu mengatakan sangat banyak permasalahan yang terjadi di kampus maupun masyarakat saat ini. Namun, ia merasa mahasiswa masih kurang terlibat dalam memahami masalah yang ada dan berperan aktif terhadap pengawalannya.

“Saya merasa peran mahasiswa sebagai social of control sangat penting melihat banyaknya isu yang beredar di kampus juga di masyarakat. Mereka perlu terlibat dengan memahami dan berperan aktif dalam mengawal permasalahan yang ada,” katanya.

Mahasiswa asal Bulukumba itu menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini agar memberikan pengetahuan dasar dan lanjutan mengenai advokasi kebijakan yang terjadi dari sudut pandang, metode, dan teknik advokasi.

Ia menambahkan, terdapat 50 peserta dari berbagai angkatan di jurusan elektro yang mengikuti pelatihan advokasi ini. Keseluruhan peserta tersebut berasal dari angkatan 2019 sampai 2021 yang diberikan simulasi advokasi.

“Pesertanya itu hanya di lingkup mahasiswa elektro saja yaitu dari angkatan 2021, 2020, dan 2019,” tutupnya. (*)

*Reporter: Muh Arman Maula/Editor: Ahmad Husen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini