PROFESI-UNM.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan merupakan kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

KKN Kebangsaan ini dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS PTN di wilayah barat dan KPTN KTI di wilayah timur dengan melibatkan semua perguruan tinggi.

Nur Aeni Alimuddin, Mahasiswi Universitas Negeri Makassar (UNM) turut mengikuti KKN Kebangsaan 2022. Timnya akan ditempatkan di Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kriteria mahasiswa yang dapat lolos mengikuti KKN Kebangsaan ini yaitu minimal tuntas 110 SKS, IPK minimal 3,5 serta harus sesuai dengan persyaratan dan mendapat rekomendasi dari fakultas.

“Kalau memang niatan mau ikut, siapin diri dari sekarang seperti dari keseriusan belajar biar IPK aman, cari informasi sebanyak mungkin tentang KKN kebangsaan, dan yang pasti jangan takut mengambil keputusan,” katanya.

Nur sapaannya, membeberkan hal menarik dari mengikuti kegiatan itu. Menurutnya, KKN Kebangsaan tidak seperti KKN biasanya, kegiatan ini bisa mempertemukan seluruh mahasiswa Indonesia.

“Jadi kita bisa menambah relasi antar mahasiswa se-Indonesia,” tutupnya. (*)

*Reporter: Nurul Atika/Editor: Mujahidah