Sepuluh Warga Sipil Tewas Ditembak KKB Papua

0
324
Evakuasi korban penembakan KKB Nduga, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tembaki 10 warga sipil hingga tewas di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua. Selain 10 korban tewas, terdapat 2 korban lain alami luka berat. Sehingga terdapat total 12 korban keseluruhan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal membenarkan peristiwa itu. Ia mengatakan, penembakan diduga terjadi pada Sabtu pagi pukul 09.15 WIT.

“Iya benar, telah terjadi penembakan pada Sabtu pagi yang dilakukan KKB terhadap 10 orang warga sipil hingga tewas,” kata Kamal dalam keterangannya, Sabtu (16/7).

Ia mengungkapkan, 7 orang korban berada di dalam truk, 4 orang lainnya berada di sekitar TKP, dan 1 orang lainnya merupakan pedagang kelontong. Saat melintas di Kampung Nogolait, truk yang ditumpangi 7 orang korban dihadang oleh KKB.

“Truk mereka dihadang sekitar 20 orang KKB. 3 orang di antaranya membawa senjata api panjang dan 1 orang membawa senjata pendek warna silver,” kata Kamal.

Truk yang ditumpangi korban langsung berhenti akibat penghadangan. Tanpa ampun, anggota KKB melepaskan tembakan ke arah truk dari jarak kurang lebih 50 meter. Pelaku langsung melarikan diri setelah melakukan tembakan membabi buta.

Kamal menyatakan, situasi dan keamanan di Nduga kini berangsur kondusif. Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dikerahkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan penetapan status siaga.

9 jenazah dan 2 korban luka berat telah dievakuasi ke Timika, Sabtu sore. Sementara 1 jenazah lain kabarnya akan dimakamkan di Nduga. (*)

*Reporter: Malikah Izzati Ananda Muslimin/Editor: Mujahidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini