PROFESI-UNM.COM –  Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI). Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Menara Pinisi, Kamis (14/7).

Pertemuan itu membahas tentang Konflik Sosial dalam Pemilu dan Pencegahan untuk Menyukseskan Pemilu 2024. Pembahasan soal Pemilu 2024 bertujuan untuk antisipasi mencegah isu polarisasi yang berujung pada isu sara, karena isu-isu seperti ini menjadi ancaman yang bisa merusak keutuhan NKRI.

Kegiatan itu dihadiri Deputi Bidang Pengkajian Stratrgis (Dejianstrat) Lemhanas RI, Reni Mayerni. Menurut Reni, dalam penyelenggaraan Pemilu, konflik sosial acap kali terjadi dan hal tersebut membutuhkan antisipasi sejak dini.

“Dengan memberikan perhatian khusus melalui memberi saran dan masukan dalam melengkapi konsep rencana strategis menyukseskan Pemilu 2024 yang akan datang” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNM, Husain Syam juga menyatakan perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pembangunan demokrasi.

“Pembangunan demokrasi Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam melakukan pengkajian secara ilmiah, dan kampus juga menjadi tempat untuk membentuk pemilih cerdas,” tuturnya. (*)

*Reporter: Iyasnur Eynil/Editor: Aliefiah Maghfirah Rahma