PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 6.900 calon mahasiswa mendaftar jalur mandiri di Universitas Negeri Makassar (UNM). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam pada agenda konferensi pers siang tadi, Rabu (13/7).

Husain Syam mengatakan pendaftar jalur mandiri di UNM tahun ini cukup meningkat dibandingkan tahun lalu. Ia pun menuturkan bahwa penambahan tersebut tak lain karena adanya keyakinan masyarakat kepada UNM.

“Alhamdulillah karena UNM memberikan keyakinan kepada masyarakat. Kita mengelola perguruan tinggi ini dengan sangat terbuka dan bertanggung jawab,” tuturnya.

Tak hanya itu, Eks Dekan Fakultas Teknik tersebut mengungkapkan bahwa pada jalur mandiri kali ini, terdapat 10 program studi (prodi) yang menjadi favorit. Kesepuluh prodi tersebut berasal dari 6 fakultas di UNM.

Berikut daftar prodi favorit pada jalur mandiri UNM:

  1. Prodi Pendidikan Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Prodi Teknik Komputer, dan Prodi Teknik Sipil Bangunan dari Fakultas Teknik.
  2. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan Konseling dari Fakultas Ilmu Pendidikan
  3. Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  4. Prodi Ilmu Administrasi Negara dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
  5. Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dari Fakuktas Ilmu Keolahragaan
  6. Prodi Psikologi dari Fakultas Psikologi

Terakhir, Husain sapaannya, menyampaikan hasil pengumuman tes jalur mandiri akan dapat dilihat pada 19 Juli 2022 mendatang. Ia pun memastikan bahwa seluruh peserta tes tidak perlu khawatir akan adanya kecurangan hasil karena mereka memiliki hak yang sama untuk memperoleh kursi di UNM.

“Semua peserta akan tetap memiliki persaingan terlepas ada peserta yang merasa memiliki keluarga di UNM. Tidak ada yang boleh melebihi haknya dengan yang lain,” ucapnya.

*Reporter: Ahmad Husen