PROFESI-UNM.COM – Bagi mahasiswa yang kini tengah mencari kesempatan magang, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 2022. Pendaftaran berlangsung sejak Juli hingga Agustus mendatang.

Program MSIB ini merupakan angkatan ke-3. Melalui MSIB mahasiswa berkesempatan magang dan studi independen di berbagai perusahaan ternama dengan berbagai manfaat.

BUMN yang masuk dalam daftar pemberi magang antara lain PLN, BRI, Petrokimia Gresik, dan BPJS Ketenagakerjaan. Masing-masing BUMN tersebut membuka banyak posisi yang bisa didaftarkan oleh mahasiswa.

Kepala Program MSIB, Tutus Kusuma mengatakan dalam MSIB angkatan ke-3 ini pihaknya membuka 11.967 program magang dan 24.236 program studi independen, serta menerima 1.769 posisi magang dan 139 proyek studi independen.

”Nantinya akan ada 3.679 mentor dalam MSIB angkatan ke-3 ini dan juga melibatkan 12 kementerian/lembaga, 9 BUMN, serta 7 yayasan,” terangnya dalam “MSIB Fair: Road to Festival Kampus Merdeka” di Graha Sabha Pramana UGM Selasa, (5/7/2022).

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan komitmen Kementerian BUMN untuk mendukung berbagai program MBKM. Ia juga menyampaikan harapannya agar program ini dapat menjadi penghubung antara dunia Pendidikan dan dunia pekerjaan bagi para mahasiswa.

“Kementerian BUMN berkomitmen untuk mendukung program MBKM, salah satunya dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Kami berharap program ini bisa menjadi link and match antara dunia pendidikan dan lapangan pekerjaan,” ucapnya pada Road to Festival Kampus Merdeka yang ditayangkan di kanal Youtube Kemendikbud, (4/7). (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili