Pengelolaan Bank Sampah sebagai Solusi Tingkatkan Nilai Ekonomis

0
112
Ilustrasi mekanisme sistem bank sampah, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Bank Sampah merupakan salah satu metode atau konsep dalam hal pengelolaan sampah terkhusus sampah-sampah organik (kering) yang dihasilkan oleh rumah tangga dan masih bernilai ekonomis.

Mahasiswa Pecinta Alam Tri Suaka Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (MPA Trisula FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) UNM Periode 2022 melakukan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah. Ketua pelaksana, Asdi Suprianto mengatakan Pengelolaan Bank Sampah memiliki nilai jual sama halnya seperti pengelolaan di Bank.

“Manajemen yang diterapkan di Bank Sampah menyerupai perbankan pada umumnya hanya saja yang ditabung bukan uang, melainkan sampah,” jelasnya.

Agis sapaannya, mengatakan, salah satu alasan pelatihan pengelolaan bank sampah ini diadakan sebab para anggota Trisula ingin mengetahui lebih lanjut mengenai alur dalam pengelolaan bank sampah terkhusus dalam teknis kerja pengelolaan Bank sampah itu sendiri.

“Kemudian tujuan trisula membentuk Bank Sampah karena melihat potensi yang besar dengan di bentuk Bank Sampah tersebut dapat memberikan edukasi maupun sosialisasi terkait seberapa penting sampah baik dalam lingkungan,” katanya.

Ia juga menambahkan, sampah tidak hanya sekadar sisa atau buangan saja melainkan juga dapat menghasilkan nilai ekonomis tersendiri.

Adapun Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah ini dibawakan langsung oleh Veronica, Kepala UPT Bank Sampah Pusat Makassar dan dihadiri oleh 15 orang anggota MPA TRISULA FIS-H UNM, Minggu (26/6).

*Reporter: Nur Ismi/Editor: Mujahidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini