Pahami Prinsip Kausalitas Sebab-Akibat

0
61
Prinsip kausalitas sebab akibat. (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM– Prinsip kausalitas adalah salah satu komposisi primer yang diketahui banyak orang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Prinsip ini menyatakan bahwa untuk segala sesuatu, pasti ada sebabnya.

Ini merupakan salah satu prinsip rasional yang penting karena manusia menemukan dijantung fitrahnya suatu motif yang menyebabkannya berusaha menjelaskan hal-hal yang dia temui dan menjustifisikasi eksistensi hal-hal tersebut dengan menyingkap sebab-Sebabnya.

Motif ini adalah bawaan sejak lahir naluri manusia, juga mungkin ada dalam sejumlah hewan.Jadi, Hewan semacam ini secara insting memperhatikan sumber gerak untuk mengetahui sebabnya.

Itulah mengapa manusia selalu dihadapkan dengan pertanyaan “Mengapa..?” Pertanyaan ini muncul menyangkut setiap eksistensi dan setiap fenomena yang mereka sadari sehingga jika mereka tidak menemukan sebab spesifik dari eksistensi yang demikian atau fenomena yang demikian, mereka percaya bahwa ada suatu sebab yang tidak diketahui yang menghasilkan peristiwa yang dipertanyakan tersebut.

Hal-hal berikut ini bergantung pada prinsip kausalitas :

  1. Pembuktian realitas objektif dan persepsi indra.
  2. Seluruh teori dan hukum sains yang didasarkan pada eksprimen
  3. Kemungkinan penarikan kesimpulan serta kesimpulannya dalam bidang filsafat atau sains apa pun.

Andai bukan karena hukum dan prinsip kausalitas, tidak mungkin mendemostrasikan objektivitas persepsi indriawi, tidak pula teorii sains atau hukum apapun. lebih jauh tidak akan mungkin untuk menarik kesimpulan apapun dalam bidang manapun dari pengetahuan manusia berdasarkan jenis bukti apapun

Tulisan ini dikutip dari buku dengan judul Falsafatuna karya Ayatullah Muhammad Baqir Shadr Pada halaman 258 Terbitan Rausyan Fikr Institute, Yogyakarta Pada tahun 2013. (*)

*Reporter : Mutiara Ramadani/Editor: Andi Gusmaniar Irnawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini