PROFESI-UNM.COM –  Mahasiwa Psikologi, Universitas Negeri Makassar (UNM), Zikran Ramadan meraih Runner Up 1 Duta Remaja Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemilihan Duta tersebut digelar di Grand Makassar Hotel, Minggu (26/6).

Mahasiswa perwakilan Makassar ini membeberkan awalnya termotivasi dari diri sendiri untuk mencoba menginspirasi melalui prestasi.

“Motivasi awalnya ialah keinginan dari diri sendiri sih. Saya mencoba menginspirasi melalui prestasi bahwa remaja kita harus bisa berpestasi, kita harus memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara,” bebernya.

Ia menjelaskan melalui proses yang begitu panjang dengan mental yang harus dikuatkan. Mulai dari wawancara online, pra karantina sampai karantinanya. Banyak hal yang menjadi pelajaran serta pengalaman yang ia dapatkan selama proses seleksi Duta Remaja Sulawesi Selatan berlangsung.  Lebih lanjut, ia mengatakan banyak hal positif yang di dapatkan selama proses seleksi tersebut.

“Saya yang sangat senang bertemu para remaja hebat setiap kabupaten atau kota yang ada di provinsi sulsel, bisa saling bertukar ide serta gagasan. Intinya senang dan bangga, berharap kedepannya bisa jadi role model bagi remaja yang ada di provinsi Sulsel,” ungkapnya.

Mahasiswa psikologi ini juga merasa sangat senang atas hasil yang di peroleh setelah berhasil mengalahkan para finalis lainnya.

“Perasaan campur aduk, nggak nyangka bisa sampai sejauh ini bersaing dengan teman-teman hebat yang berasal dari kabupaten atau kotanya masing-masing,” ungkapnya.

Terakhir, Zikran juga harapan dan pesan bagi untuk remaja agar tetap mengembangkan prestasi. Ia mengajak para remaja untuk keluar dari zona nyaman agar bisa mencapai mimpi.

“Masa depan bangsa tergantung bagaimana cara remaja mengelola dan mengkolaborasikan skilll dan bakatnya, inilah era kita, era remaja. Dreams don`t work unless you do,” tuturnya.

*Reporter: Isnayanti/Editor: Andi Nurul Izzah Ilham