PROFESI-UNM.COM– Program informasi adalah segala jenis siaran yang tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan informasi kepada khalayak audien. Daya tarik program ini adalah informasi, dan informasi itulah yang dijual.

Program informasi dapat dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu berita keras (bard news) dan berita lunak (soft news). Berita keras atau hard news adalah segala informasi penting dan/atau menarik yang harus segera disiarkan oleh media karena sifatnya yang harus segera ditayangkan agar dapat diketahui khalayak audien secepatnya.

Dalam hal ini, berita keras dibagi ke dalam beberapa bentuk berita yaitu straight news, features dan infotainment.

  1. Straight News
    Straight news berarti berita “langsung” (straight), maksudnya suatu berita yang singkat (tidak detail) dengan hanya menyajikan informasi terpenting saja yang mencakup 5W-1H (who, what, where, when, why, dan How) terhadap suatu peristiwa yang diberitakan. Berita jenis ini sangat terikat waktu (deadline karena informasinya sangat cepat basi jika terlambat disampaikan kepada audien).
  2. Feature
    Kita sering melihat suatu program berita menampilkan berita-berita ringan misalnya informasi mengenai tempat makan yang enak atau tempat liburan yang menarik, berita semacam ini disebut feature.

Dengan demikian, feature adalah berita ringan namun menarik. Pengertian “menarik” di sini adalah informa yang lucu, unik, aneh, menimbulkan kekaguman, dan sebagai nya. Pada dasarnya berita-berita semacam ini dapat dikatakan sebagai soft news karena tidak terlalu terikat dengan waktu penayangan, namun karena durasinya singkat (kurang dari lima menit) dan ia menjadi bagian dari program berita, maka feature masuk ke dalam kategori hard news.

Namun adakalanya suatu feature terkait dengan suatu peristiwa penting, atau dengan kata lain terikat dengan waktu, dan karena itu harus segera disiarkan dalam suatu program berita. Feature semacam ini disebut dengan news feature, yaitu sisi lain dari suatu berita straight news yang biasanya lebih menekankan pada sisi human interest dari suatu berita.

  1. Infotainment
    Kata “infotainment” berasal dari dua kata, yaitu information yang berarti informasi dan entertainment yang berarti hiburan, namun infotainment bukanlah berita hiburan atau berita yang memberikan hiburan.

Infotainment adalah berita yang menyajikan informasi mengenai kehidupan orang-orang dikenal masyarakat (celebrity), dan karena sebagian besar dari mereka bekerja pada industri hiburan, seperti pemain yang film/sinetron, penyanyi dan sebagainya, maka berita mengenai mereka disebut juga dengan infotainment.

Infotainment adalah salah satu bentuk berita keras karena memuat informasi yang harus segera ditayangkan. Program berita reguler terkadang menampilkan berita mengenai kehidupan selebritis yang biasanya disajikan pada segmen akhir suatu program berita. Namun dewasa ini infotainment disajikan dalam program berita sendiri yang terpisah dan khusus menampilkan berita-berita mengenai kehidupan selebritis.

Tulisan ini dikutip dari Buku dengan Judul “Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi ” karya Morissan,M.A pada halaman 209-211 terbitan Prenada Media Grup, Jakarta pada tahun 2009. (*)

*Reporter Nur Ismi/Editor: Mujahidah