PROFESI-UNM.COM – Dinamika kelompok merupakan metode dan proses, serta alat manajemen untuk menghasilkan kerja sama kelompok yang optimal agar pengelolaan organisasi menjadi lebih efektif, efisien, dan produktif.

Sebagai metode, dinamika kelompok membuat setiap anggota kelompok semakin menyadari siapa dirinya dan siapa orang lain yang hadir bersamanya dalam kelompok, dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kesadaran semacam ini perlu diciptakan karena kelompok akan menjadi efektif apabila memiliki satu tujuan yang diciptakan dan disepakati bersama dengan melibatkan semua individu anggota kelompok sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Sebagai suatu proses, dinamika kelompok berupaya menciptakan situasi yang membuat seluruh anggota kelompok merasa terlibat secara aktif dalam setiap tahap perkembangan atau pertumbuhan kelompok agar setiap orang merasakan dirinya sebagai bagian dari kelompok. Dengan demikian, setiap individu dalam kelompok turut bertanggung jawab secara penuh terhadap pencapaian tujuan kelompok yang lebih luas.

Dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling memengaruhi hubungan timbal balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dan pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok. Dinamika kelompok merupakan studi tentang hubungan sebab akibat yang ada di dalam kelompok, tentang perkembangan hubungan sebab akibat yang terjadi di dalam kelompok, tentang teknik teknik untuk mengubah hubungan interpersonal, dan attitude di dalam kelompok.

Pentingnya mempelajari dinamika kelompok karena beberapa alasan berikut.

  1. Individu tidak mungkin hidup sendiri dalam masyarakat.
  2. Individu tidak dapat bekerja sendiri dalam memenuhi kehidupannya.
  3. Masyarakat yang besar memerlukan pembagian kerja agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik.
  4. Masyarakat yang demokratis dapat berjalan baik apabila lembaga sosial dapat bekerja dengan efektif.

Tulisan ini dikutip dari buku Dinamika Kelompok karya Dr.H.Syamsul Arifin, M.Si. Pengantar Prof. Dr.H.Mohammad Najib, M.Ag. cetakan 1 juli 2015 : 193 halaman. (*)

*Reporter : Dwi Putri Hartati Rahman/Editor: Mujahidah