PROFESI-UNM.COM – Karta Jayadi resmi dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Antropologi Seni Universitas Negeri Makassar (UNM). Pengukuhan guru besar itu dilaksanakan di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (9/6).

Dalam pidato pengukuhannya, Karta Jayadi menjelaskan tentang Seni Budaya Nusantara yang memiliki beberapa ragam bentuk berasal dari keragaman budaya yang terdapat di Indonesia.

“Seni Budaya Nusantara adalah semua bentuk-bentuk kepercayaan lokal, bahasa daerah, acara ritual, pertunjukan tradisional, pengetahuan alam, kuliner, busana tradisional, arsitektur, transportasi dan artefak,” ujar Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (WR II) UNM itu.

Lebih lanjut, Karta juga menjelaskan bahwa keragaman tersebut merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan serta kemajuan martabat bangsa.

“Keragaman ini adalah potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan secara ekonomi, dan menggapai kemajuan dalam konteks harkat dan martabat bangsa dan negara,” jelasnya. (*)

*Reporter: Aqmal Maulana Yusup/Editor: Mujahidah