PROFESI-UNM.COM – Merawat kamera agar tidak mengalami kerusakan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Ada empat komponen penting dari kamera yang perlu Anda perhatikan perawatannya, yaitu lensa, baterai, bodi kamera, dan kartu memori kamera.

CARA MERAWAT LENSA KAMERA

  1. Jangan menyentuh bagian optik lensa dengan jari.
  2. Pasang selalu filter pelindungnya atau gunakan lens hood.
  3. Pasang selalu tutup lensa jika tidak sedang digunakan untuk mengurangi risiko debu menempel.
  4. Jika ingin membersihkan lensa, gunakan blower > lens brush > lens cloth jika ada bekas jari yang menempel.

CARA MERAWAT BATERAI KAMERA

  1. Jangan men-charge baterai terlalu lama. Jika indikator charge baterai telah penuh, segera cabut baterai dari charger.
  2. Usahakan selalu men-charge baterai dengan penuh. Jika belum penuh, jangan dicabut dahulu karena bisa mengakibatkan baterai drop.
  3. Jika kamera tdak digunakan dalam waktu yang reiatif lama sebaiknya baterai dilepas dari kamera.
  4. Sebaiknya jangan menggunakan baterai non original karena voltage dari baterai tersebut terkadang tidak cocok dengan kamera. Jika digunakan dalam waktu lama baterai non original akan membuat fungsi-fungsi kamera terganggu bahkan kamera bisa mengalami kerusakan.

CARA MERAWAT BODI KAMERA

  1. Saat membersihkan bagian luar kamera gunakan selalu kain yang lembut supaya tidak menggores bodi kamera.
  2. Jika debu masih menempel pada bagian yang sulit dijangkau dengan kain, gunakan P blower untuk menyemprot debu tersebut.
  3. Saat ingin membersihkan bahe gian sensor dengan blower bi jangan lupa untuk menutup = or atau me-lock up mirror ke atas.
  4. Lapisi LCD dengan pelindung, seperti screen guard.

CARA MERAWAT KARTU MEMORI KAMERA

  1. Biasakan selalu menyimpan kartu memori dalam casing yang disertakan pada saat pembelian. Hal ini dapat menghindarkan kartu memori dari debu.
  2. Jauhkan memori dari medan magnet, misalnya speaker atau benda lain yang mengandung magnet.

Tulisan ini dikutip dari buku berjudul 50 Kasus Fotografi oleh Arif Hartoko tahun 2012 diterbitkan oleh PT Elex Komputindo halaman 14-15. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili