PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) satuan 702 Universitas Negeri Makassar (UNM) menampilkan video jejak sejarah pada perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-45 tahunnya. Perayaan ini berlangsung di Gedung Serbaguna PSBD Wira Jaya, Selasa (21/6).

Dalam video tersebut menceritakan jejak sajarah Menwa dari awal hingga mencapai usia 45 tahun. Berikut sejarah terbentuknya:

Pada awalnya tanggal 19-27 juni 1997 dewan mahasiswa IKIP ujung pandang mengutus Ismail Faisal mengikuti Raker Menwa di manado. Raker tersebut diikuti seluruh resimen mahasiswa yang ada dibawah kordinasi Kowilhan VII Indonesia timur.

Berselang beberapa bulan setelah resimen mahasiswa di manado, dimintai utusan Kembali dari Dema IKIP ujung pandang untuk mengikuti suskapin di Jakarta, dan pada tanggal 8 Juli 1978 diadakan latihan dasar Menwa Wolter Monginsidi yang pertama sebayak 192 0rang yang bertempat di Rindam XIV/Hn pakatto.

Berdasarkan rentetan peristiwa tersebut, Resimen mahasiswa satuan 702 UNM berkesimpulan menetapkan bahwa tanggal 9 juni sebagai hari pembentukan resimen mahasiswa satuan 702 UNM.

Alasannya karena secara de vacto pengakuan pihak luar bahwa resimen mahasiswa telah ada di IKIP UJUNG PANDANG pada saat pengutusan saudara Ismail Faisal ke Raker di Manado. (*)

*Reporter: Muh. Akbar/Editor: Andi Gusmaniar Irnawati