PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Kuliah Kerja Profesi (KKP). KKP ini bertempat di Balai Sentra Wirajaya Makassar, Sabtu (23/4).

KKP ini berupa kegiatan Psikoedukasi kontrol diri dengan tema “Regulasi Emosi dan Peraturan yang Berlaku di Lingkungan Sosial secara Umum”.

Kegiatan bimbingan edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait kontrol diri pada PM (Penerima Manfaat) Sentra Wirajaya Makassar.  Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode bimbingan penerapan edukasi dimulai dari persiapan alat, bahan, ruangan, pembukaan, presentasi materi, feedback, dan penutup.

Salah satu mahasiswa pelaksana, Dwi Fachrul Efendy berharap Psikoedukasi kali ini dapat bermanfaat untuk para peserta agar mereka mampu mengkombinasikan teori belajar tidak hanya dengan teori kognitif namun dapat digabungkan dengan teori lainnya.

“Agar berjalan efektif dan tidak ada distraksi, ada ruangan khusus belajar membaca pada penerima manfaat dapat membuat PM lebih fokus dalam proses pembelajarannya,” singkatnya.

Perwakilan Balai, Andi Surya Kaso merasa senang karena tema yang diusung pada Psikoedukasi ini yaitu terkait kontrol diri dan aturan dan norma yang berada di lingkungan sosial.

Menurutnya, Psikoedukasi tersebut sangat cocok dengan anak-anak penerima manfaat lantaran masih banyak dari mereka yang kurang paham dengan regulasi emosi dan norma yang harus dia ketahui di lingkungan sosialnya.

“Saya berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa. Jadi saya harap mereka bisa menerima materi dengan baik agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (*)

*Reporter : Andi Nurul Izzah Ilham