PROFESI-UNM.COM – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2022 yang digelar Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) berlangsung selama 4 hari. Kegiatan pada hari ketiga diadakan di Malino, Kabupaten Gowa, Sabtu (11/6).

Terdapat banyak materi yang diberikan, yaitu pengenalan pers, teknik wawancara dan penulisan berita, teknik presenting, fotografi jurnalistik, videografi jurnalistik, dan desain grafis.

Sebagai implementasi dari materi tersebut, peserta diminta membuat blog yang berisi berita, foto berita, dan video berita yang mereka buat sendiri.

Koordinator acara, Andi Nurul Izzah Ilham menuturkan pembuatan blog ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan kerja sama tim, serta menampung tugas personal mereka sehingga mudah dinilai.

“Blog ini berisi berita, video, dan foto yang dibuat oleh masing-masing peserta. Jadi dikumpulkan dalam satu blog kelompoknya agar mudah dinilai, juga bisa dilihat kerja sama timnya,” jelas mahasiswi jurusan Psikologi tersebut.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa peserta mempresentasikan blog kelompoknya untuk kemudian dievaluasi oleh para juri yang andal di bidangnya.

“Setelah blognya selesai, tiap kelompok presentasi dan dievaluasi sama juri terpilih yang memang ahli di bidangnya,” ujarnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati