PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) selama dua hari. Hari kedua diklat ini berlangsung di Baruga Anging Mammiri, Kota Makassar, Jumat (10/6).

Pada hari kedua, terdapat tiga materi salah satunya yaitu materi desain grafis. Materi ini dibawakan oleh Rizki Army Pratama yang merupakan senior LPM Profesi yang berkecimpung di dunia desain grafis.

Dalam paparan materinya, Pria yang akrab disapa Ikki ini menjelaskan beberapa alasan pentingnya belajar desain grafis, diantaranya karena prospek kerja yang luas, selalu menuntut untuk berpikir kreatif dan inovatif, membuka peluang bisnis dari berbagai sektor, dan membangun personal branding yang menarik.

“Logo shopee , McDonalds, starbuck itu kerja desainer grafis. Karena desain grafis harus menarik, maka kita dituntut untuk selalu kreatif. Kita juga bisa membuat bisnis sendiri dengan mendesain, dan membangun citra atau branding diri sendiri melalui konten-konten kreatif dengan desain grafis,” jelasnya.

Lebih lanjut, demisioner manajer broadcasting LPM Profesi UNM tersebut juga mengungkapkan desain grafis memiliki banyak kelebihan, yaitu informasinya paling mudah diingat karena dilihat, informasi tersampaikan melalui visual lebih menghemat waktu, menembus batas bahasa, informasinya konsisten, dan desain grafis sudah banyak berperan di banyak bidang industri.

“saya mengajak kalian belajar desain grafis karena informasi yang disampaikan melalui proyeksi gambar, visual itu lebih mudah diingat kalo dilihat, dibanding didengar dan dibaca, tak ada batasan bahasa, juga konsisten informasinya dibanding audio. Ditambah sekarang bidang ini sangat berperan, contohnya untuk iklan”, jelasnya.

Selain itu, Ia memberikan contoh pemanfaatan desain grafis saat ini yaitu untuk strategi pemasaran, user interface, media publikasi, digunakan untuk mengemas suatu barang agar menarik, motion grafik, desain grafis lingkungan, seni grafis dan ilustrasi. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati