PROFESI-UNM.COM – Legislator termuda Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Al Hidayat Samsu menghadiri diklat jurnalistik mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2022. Diklat yang diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) ini berlangsung di Baruga Anging Mammiri, kota Makassar, Jumat (10/6).

DJMTD adalah agenda tahunan LPM Profesi yang bertujuan memberikan pelatihan jurnalistik sekaligus merekrut anggota baru. Al Hidayat Samsu memberikan motivasi kepada peserta yang merupakan mahasiswa UNM semester 2 dan 4.

Menurutnya, bidang kerja mahasiswa lulusan pendidikan sangat luas, bukan hanya menjadi guru. Mahasiswa hanya perlu terus belajar dan giat mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan diri serta menambah pengalaman.

“Alumni UNM itu tidak harus jadi guru, banyak ruang yang terbuka untuk kita. Selama berusaha, belajar, dan rajin mengikuti forum-forum seperti ini selama kuliah, itu sangat membantu kita dalam menemukan lingkup kerja nantinya,”tuturnya.

Pria yang juga merupakan alumni UNM tersebut menekankan untuk lebih fokus memperbaiki kualitas diri karena nilai akademik itu bukan satu-satunya yang menjamin kesuksesan. Dengan emosional yang baik, ia yakin urusan menjadi lebih mudah.

“Bukan hanya isi kepala yang dikembangkan, tapi hati juga. Pendekatan emosional yang baik itu bisa memudahkan jalan kita ke depan,” ucapnya.

Terakhir, Pria berusia 23 tahun tersebut berharap peserta dapat memaksimalkan potensi dirinya di bidang jurnalistik dengan mengikuti DJMTD, sehingga nantinya mampu menjadi jurnalis yang independen dan netral.

“Kembangkan diri kalian di sini, kesempatan luar biasa bisa mengikuti forum seperti DJMTD ini. Semoga nantinya bisa menjadi jurnalis yang tidak berpihak,” harapnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati