PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 69 peserta Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) melakukan investigasi di hari kedua DJMTD 2022. Dua tempat yang menjadi lokasi yaitu Nusantara dan Pasar Cidu, Jumat (10/6).

Sebelumnya, para peserta telah diajarkan mengenai tahap peliputan, cara melakukan wawancara, teknik presenting, dan beberapa materi yang menjadi penunjang bagi peserta untuk melakukan investigasi.

Malikah Izzati, salah satu peserta DJMTD 2022 menjelaskan bagaimana ia melakukan peliputan di Pasar Cidu.

“Fokusnya bagaimana sudut pandang penjual lagi happeningnya Pasar Cidu. Di mana-mana tujuan kulinernya itu cenderung akan ke situ, ke Pasar Cidu,” jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswi Psikologi angkatan 2021 ini merasa senang dapat menerapkan langsung materi yang telah diberikan saat kegiatan.

“Seseru itu karena ini sudah kita dapat teorinya jadi kita bisa praktikkan langsung. karena misalnya kalau tidak dipraktikkan akan ngambang ji saja,” ucap Malikah.

Ia juga mengatakan tidak merasa takut untuk melakukan investigasi di tenpat ramai itu, terlebih para peserta selalu didampingi panitia untuk melaksanakan tugasnya.

“Alhamdulillah memang kakak-kakak pendamping juga sangat menjaga. Kita tidak dilepas begitu saja saat investigasi, jadi kami merasa aman,” katanya.

Terakhir, Malikah berharap dapat mengaplikasikan lebih banyak lagi dari materi-materi yang diberikan narasumber saat DJMTD 2022. (*)

*Reporter: Mujahidah