PROFESI-UNM.COM – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2022 yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) menghadirkan pemateri yang berkompoten di bidang jurnalistik, salah pemateri yang dihadirkan ialah Nana Djamal dengan materi Teknik Presenting. Pemberian materi ini berlangsung di Ruang Ballroom lantai 2 Menara Pinisi UNM, Kamis (9/6).

Teknik presenting merupakan salah satu aspek penting dalam dunia jurnalistik, utamnya dalam penyampaian peliputan berita. Dalam materinya Nana Djamal menerangkan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mejadi seorang presenter atau news ancor seperti micing, eye contact, dan bagaimana mengenali audiance.

Alumni UNM itu menjelaskan cara memegang mic dan eye contact yang benar kepada peserta dengan memberikan contoh dan praktik langsung, Nana mengatakan teknik eye contact dan micing harus diperhatikan agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas.

“Ini berguna untuk meyakinkan apa yang kalian sampaikan sampai kepada receiver” ucapnya.

Lanjut, Mantan aggota Profesi ini juga menjelaskan pentingnya mengenali audiance sebelum membawakan sebuah acara atau sebuah berita. Dengan mengenali audiance seorang presenter dapat membawa acara atau berita dengan baik atau lebih hidup.

“Setidaknya kalian bisa menilai dan mengetahui uasia audience kalian dari usia berapa sampai berapa, kemudian gendernya, karena dengan itu kita bisa menentukan isi, kalimat yang akan disampaikan, jangan sampai nanti bahasa yang kita gunakan itu tidak semuanya bisa dipahami, oleh karena itu kita perlu mengenali audience untuk bisa memilih kata, kalimat, bahasa, serta attitude serta pakaian,” jelas Alumni Fakultas Bahasa dan Sastra UNM itu.

Dalam mengenali audience dapat dilakukan dengan mengenali kepribadian atau karakternya, dimana karakter ini dibagi mmnjadi 4 macam yaitu Plegmatis, Melankolis, Sanguinis, Koleris.

“Dengan itu, kalian bisa mencari kecocokan dengan lawan bicara kalian, misalnya saya sudah merasa oh orang ini orangnya melankolis, ciri-ciri orang melankolis itu oranya banyak diam, tapi kalau misalnya dia pelagmatis cara ngomongya tuh harus base on data,” tutur Presenter iNews ini. (*)

*Reporter: Mustika Fitri