Pelecehan Seksual Diduga Terjadi di FIP, Dekan: Tidak Ada Laporan dan Bukti

0
93
Fakultas Ilmu Pendidikan (Foto: Dokumen Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Tidak hanya di Fakultas Teknik (FT), pelecehan seksual juga diduga terjadi di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM). Dugaan ini timbul karena adanya salah satu alumnus yang curhat ke akun instagram @profesiunm, Rabu (1/6).

Alumnus FIP tersebut mengaku pernah dilecehkan oleh dosen pembimbingnya saat bimbingan skripsi.

Ia menceritakan pelaku memegang tangan korban dan memberikan kedipan mata. Bahkan pada kesempatan lainnya, pelaku memaksa korban untuk mengelus pahanya.

Menanggapi hal tersebut, Dekan FIP, Abdul Saman menuturkan tidak ada laporan dan bukti adanya pelecehan seksual yang terjadi di fakultasnya. Ia menyatakan alumni yang mengaku korban bisa saja berbohong.

“Tidak ada melapor, itu cuma cerita di instagram, padahal itu tidak ada buktinya, tidak ada faktanya, bisa saja dia mengada-ada,” tutur Saman saat ditemui di ruangannya, Kamis (2/6).

Lebih lanjut, Dekan yang berasal dari prodi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan itu menegaskan mahasiswa untuk melapor langsung ke pimpinan jika mengalami pelecehan seksual.

Ia mengaku tidak bisa bertindak jika tidak ada laporan dan berjanji akan merahasiakan identitas korban.

“Sampaikan langsung ke saya, supaya saya selidiki dan tindaklanjuti dosen yang bersangkutan. Tentu saja identitas pelapor kami jaga konsidensialnya,” tegasnya.

Saman menjelaskan sudah ada upaya pencegahan pelecehan seksual di fakultasnya, seperti sosialisasi dan dilarang konsultasi skripsi di luar kampus.

Namun, ia juga mengatakan kemungkinan mahasiswa merasa dilecehkan jika dipersulit oleh pembimbingnya atau di saat dosen hanya bercanda.

“Mungkin dipersulit sama dosennya, dia merasa dilecehkan, padahal tidak. Atau biasa dosen sebatas bercanda, tapi mahasiswa merasa dilecehkan”, ujarnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini